Breaking News:

Review PS5, Loading Game Cepat & Senyap, Gunakan Penyimpanan Berbasis SSD, Bukan HDD Seperti di PS4

Konsol game teranyar dari Sony, PlayStation 5 ( PS5) bakal dirilis ke publik mulai 12 November mendatang di sejumlah negara, disusul dengan negara

Editor: Evan Saputra
Sony
Controller DualSense (kiri) dan konsol PS5 (kanan). 

Review PS5, Loading Game Cepat dan Senyap, Gunakan Penyimpanan Berbasis SSD, Bukan HDD Seperti di PS4

BANGKAPOS.COM - Konsol game teranyar dari Sony, PlayStation 5 ( PS5) bakal dirilis ke publik mulai 12 November mendatang di sejumlah negara, disusul dengan negara yang belum kebagian pada 19 November mendatang.

Meski demikian, beberapa media internasional telah mengulas konsol game suksesor PlayStation 4 ( PS4) tersebut.

The Verge membahas performa PS5 untuk menjalankan aneka game yang dirilis pada saat peluncurannya nanti, berikut controller DualSense. Demikian juga dengan Tech Radar.

Kedua situs tersebut kompak mengomentari ukuran fisik PS5 yang disebut bongsor untuk ukuran konsol game masa kini, terutama kalau dibandingkan dengan pandehulunya.  PS5 memiliki panjang 26 cm, tinggi 39 cm, lebar 10,4, dan bobot 4,5 kg.

Ukurannya yang besar bisa menyulitkan pengguna saat mencari lokasi untuk menempatkan PS5. Desain PS5 juga berbeda dibandingkan PS4 yang dulu cenderung "kotak" dengan sudut-sudut kaku dan simetris.

Sisi samping pada konsol PS5 Taiwan NCC Sisi samping pada konsol PS5

Sisi-sisi konsol konsol tersebut tertutup panel plastik berwarna putih yang berdesain melengkung. Panel putih ini bisa dicopot untuk mengakses slot ekspansi SSD yang berada di baliknya, untuk keperluan menambah storage.

Sayangnya, pada saat peluncuran PS5 pada 12 November nanti, aksesori SSD tambahan ini belum akan tersedia, jadi pengguna harus mengandalkan internal storage (SSD) yang berkapasitas 825 GB.

Sebagaimana dihimpun KompasTekno, Selasa (10/11/2020), The Verge dan Tech Radar mencatat bahwa ruang kosong yang tersedia hanya sekitar 667 GB.

Panel tengah PS5 yang berwarna hitam antara lain memuat saluran ventilasi udara, port USB-A, port USB-C, port Ethernet, dan port HDMI 2.1 di bagian belakang. Di depan terdapat drive cakram Blu-ray untuk versi standar.

Ilustrasi komponen lingkaran yang harus dicopot terlebih dahulu sebelum membongkar PS5.Sony Ilustrasi komponen lingkaran yang harus dicopot terlebih dahulu sebelum membongkar PS5.
Halaman
123
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved