Breaking News:

Pilkada Bangka Selatan 2020

Soal Perusakan APK Paslon, Begini Kata Bawaslu Bangka Selatan 

Bawaslu Kabupaten Bangka Selatan tak lakukan penindak-lanjutan mengenai dugaan perusakan alat peraga kampanye (APK) milik Pasangan Calon Bupati...

bangkapos.com/jhoni
Koordinator Divisi Hukum, Penindakan Pelanggaran dan Penyelesaian Sengketa Bawaslu Kabupaten Bangka Selatan, Erik 

BANGKAPOS.COM , BANGKA  - Bawaslu Kabupaten Bangka Selatan tak lakukan penindak-lanjutan mengenai dugaan perusakan alat peraga kampanye (APK) milik Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Bangka Selatan Nomor Urut 4, Riza Herdavid dan Debby Vita Dewi di sejumlah titik di Kabupaten Bangka Selatan.

Koordinator Divisi Hukum, Penindakan Pelanggaran dan Penyelesaian Sengketa Bawaslu Kabupaten Bangka Selatan, Erik, Jumat, (13/11/2020) menyatakan, setelah mendapatkan laporan, pihaknya melakukan kajian sesuai dengan hukum acara yang ada yang berkaitan dengan perusakan APK.

"Kami sudah melakukan kajian dan sesuai dengan hukum acara yang ada, laporan yang telah kami terima akan kami kaji kembali mengenai keterpenuhan syarat formil maupun syarat materil laporannya," ujar Erik.

Lebih lanjut Erik mengakui dalam pelaporan yang disampaikan oleh pelapor beberapa waktu lalu tidak mencantumkan atau tidak mengetahui identitas maupun alamat terlapor sehingga sesuai hukum acara, syarat formilnya tidak terpenuhi.

"Dalam hal ini kami meminta pelapor untuk melengkapi syarat formilnya selama 2 hari sehingga kajian ini dapat dilanjutkan ke tahap selanjutnya," imbaunya.

Namun demikian setelah 2 hari terlewati, pihaknya lanjut Erik sudah menerbitkan status laporan, bahwasanya laporan yang disampaikan oleh pelapor mengenai perusakan APK tidak terpenuhi syarat formilnya sehingga tidak bisa ditindaklanjuti.

"Status laporan ini sudah kami sampaikan kepada pelapor dan juga sudah kami umumkam kepada masyarakat Kabupaten Bangka Selatan melalui papan pengumuman Bawaslu sebagai informasi," kata Erik.

Erik menambahkan setelah status laporan diterbitkan, sebagaimana yang tercantum di hukum acara, Bawaslu Kabupaten Bangka Selatan dapat menjadikannya sebagai informasi awal.

"Dari informasi awal ini bisa kita memanfaatkannya sebagai bahan untuk melakukan penelusuran," katanya. (Bangkapos.com/Jhoni Kurniawan)

Penulis: Jhoni Kurniawan
Editor: Fery Laskari
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved