Breaking News:

Berita Pangkalpinang

Unggulkan Madu Kelulut, 1.500 Sarang Madu Dikelola KTH

Bincang usaha mikro kecil menengah (UMKM) Rudi Center Bersama Bangka Pos Grup menghadirkan Kelompok Tani Karomah (KTH) Madu Kelulut Karau khas...

Penulis: Sela Agustika | Editor: Fery Laskari
bangkapos.com/selaagustika
Kelompok KTH Madu Kelulut Karau Desa Lubuk Linggau,┬áSumarni dan Suami 

BANGKAPOS.COM ,BANGKA -- Bincang usaha mikro kecil menengah (UMKM) Rudi Center Bersama Bangka Pos Grup menghadirkan Kelompok Tani Karomah (KTH) Madu Kelulut Karau khas Bangka Tengah, Jumat (13/11/2020).

Kelompok KTH Madu Kelulut Karau ini telah terdiri berdiri sejak tahun 2014 lalu yang saat ini terdiri dari 31 orang.

Sumarni satu diantara kelompok KTH Madu Kelulut Karau mengatakan saat ini Desa Lubuk Lingkuk menjadi tempat budidaya dan produksi madu kelulut.

"Sebelumnya pada Tahun 2017 lalu kita budidaya madu kelulut ini di pulau khusus. Tetapi pas setengah tahun berjalan diganggu sama hewan (kera) sarangnya yang mana ini kita jadikan ekowisata dan pengunjung bisa langsung menikmati madu dari sarangnya langsung. Tetapi karena diganggu kera jadi budidayanya dipindahkan ke kebun dan di halaman," kata Sumarni pada Bincang UMKM Rudi Center, Jumat (13/11/2020).

Saat ini sebanyak 1.500 sarang madu dikelolah langsung oleh KTH di Desa Lubuk Lingkuk yang menjadi produk unggulan khas di Bangka Tengah.

Dikatakan Sumarni dalam dua kali seminggu kelompok KTH ini melakukan panen dan produksi madu kelulut asli Rangau (Karau).

"Selama panen ini kita bisa produksi sebanyak kurang lebih 200 kg madu kelulut yang mana dalam 1 liter ini sebanyak 1,2 kg madu dan untuk produksi kita sudah menggunakan mesin khsus," ujar Sumarni..

Produk madu kelulut Karau yang di produksi KTH merupakan produk asli, higienis dan tidak ada campuran, dan telah dijamin sertifikasi kehalalannya.

"Produk kita ini dijamin 100 persen asli tanpa campuran," tambahnya.

Bahkan untuk menjamin keaslian madu, dia membagikan beberapa pembeda antara madu asli dan palsu.

Halaman
12
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved