Breaking News:

BANGKAI Kapal Viking Kuno Ditemukan, Arkeolog Yakin Ada Cerita Soal Pemakaman Zaman Besi

Para arkeolog menemukan bangkai kapal viking itu tanpa menggali tanah, melainkan hanya menggunakan radar penembus tanah

Penulis: tidakada001 | Editor: Edi Yusmanto
Unsplash/Steinar Engeland
Ilustrasi kapal di lautan lepas, Jumat (13/11/2020). 

BANGKAPOS.COM - Sebuah kuburan kapal viking ditemukan oleh para arkeolog di Norwegia.

Para arkeolog menemukan bangkai kapal viking itu tanpa menggali tanah, melainkan hanya menggunakan radar penembus tanah.

Ini merupakan sebuah metode geofisika yang menggunakan radar untuk menggambarkan daerah di bawah tanah.

Penemuan ini dilakukan oleh para ahli dari Institut Norwegia untuk sebuah Penelitian Warisan Budaya (NIKU) di Gjellestad, tenggara Norwegia, lapor Dailymail.

Gjellestad adalah rumah bagi Jell Mound, satu gundukan pemakaman Zaman Besi terbesar di Skandinavia dan penemuan baru ini menambah keunggulan situs tersebut, menunjukkan bahwa itu digunakan sejak awal abad ke-5 hingga sekitar 1050 M.

Berdasarkan pemindaian radar penembus tanah, terungkap ada 13 gundukan pemakaman termasuk satu kuburan kapal, rumah pertanian sederhana, dan bangunan yang mungkin digunakan selama praktik keagamaan.

Para peneliti memasang perangkat radar penembus tanah ke traktor dan membawanya ke situs tempat kapal pemakaman bersejarah dan bangunan lainnya pernah berdiri.

Pakar Viking mengatakan jika penguburan kapal akan disediakan untuk individu viking yang kuat dan untuk menandai 'perjalanan aman ke akhirat'.

googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-AdAsia'); });

Dari hasil data radar menunjukkan bahwa kapal viking kuno itu memiliki panjang sekitar 62 kaki atau 18,9 meter dan terkubur hingga 4,6 kaki 1,4 meter di bawah permukaan tanah, menurut tim peneliti.

Halaman
1234
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved