Breaking News:

Berita Pangkalpinang

Bea Cukai Catat Ekspor Senilai 70 Juta USD di Kurun Waktu Ini

Kepala Seksi Kepatuhan Internal dan Penyuluhan Bea Cukai Pangkalpinang, Suharyanto menyatakan, sepanjang Januari-Oktober 2020, sebanyak 584 jumlah ..

bangkapos.com/selaagustika
┬áKepala Seksi Kepatuhan Internal dan Penyuluhan Bea Cukai Pangkalpinang, Suharyanto 

BANGKAPOS.COM , BANGKA -- Kepala Seksi Kepatuhan Internal dan Penyuluhan Bea Cukai Pangkalpinang, Suharyanto menyatakan, sepanjang Januari-Oktober 2020, sebanyak 584 jumlah pemberitahuan ekspor timah.

Total ekspor timah yang dilakukan pihak Bea Cukai Pangkalpinang selama kurun waktu itu, sebesar 3.847.523,20 kg, nilai ekspor 70.059.871,38 USD (Dolar Amerika).

Adapun beberapa negara tujuan ekspor timah tersebut yakni Jepang, India, Korea Selatan, dan beberapa negara lainnya. Ada dua jalur yang dilakukan pihaknya dalam ekspor timah yaitu melalui jalur hijau dan jalur merah.

"Jalur hijau atau jalur merah itu bagian dari sistem pelayanan ekspor, yang mana untuk setiap pemberitahuan ekspor akan melewati proses penjaluran, bisa nanti sistem menentukan jalur hijau atau merah. Kebanyakan sistem komputer pelayanan di kita menetapkan jalur hijau atas pelayanan ekspor," kata Suharyanto kepada Bangkapos.com, Senin (16/11/2020).

Diakuinya, sepanjang Januari-Oktober 2020, pihaknya belum pernah melakukan penindakan penggagalan ekspor timah.

Sebelumnya Suharyanto pernah menyebutkan bahwa pihak Bea Cukai hanya bisa melakukan penundaan ekspor apabila ada permintaan dari instansi yang berwenang seperti sanksi, penegak hukum, ataupun pihak terkait lainnya yang memang harus menunda ekspor dikarenakan ada yang tidak benar atau bermasalah.

“Kalau di kita siapapun boleh ekspor dengan catatan secara perizinan sudah komplit. Artinya dari instansi teknis input data ke INSW sudah lengkap, Kalaupun itu bermasalah, yang bertanggung jawab adalah instansi teknis yang mengeluarkan dokumen,” tegas Suharyanto.(Bangkapos.com/Sela Agustika)
 

Penulis: Sela Agustika
Editor: Fery Laskari
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved