Breaking News:

Bangka Tengah Election

H Korari Suwondo Sebut Budidaya Tambak Udang Alternatif Ekonomi Masa Depan Bateng

Calon Wakil Bupati Kabupaten Bangka Tengah (Bateng), H Korari Suwondo menyebutkan budidaya tambak udang dapat menjadi alternatif ekonomi baru untuk

Editor: Iwan Satriawan
ist
H Korari Suwondo Sebut Budidaya Tambak Udang Alternatif Ekonomi Masa Depan Bateng 

BANGKAPOS.COM, BANGKA- Calon Wakil Bupati Kabupaten Bangka Tengah (Bateng), H Korari Suwondo menyebutkan budidaya tambak udang dapat menjadi alternatif ekonomi baru untuk mengurangi angka pengangguran.

Upaya ini pun akan menjadi salah satu program prioritasnya dalam mengentaskan kemiskinan.

Korari menjelaskan, upaya itu merupakan langkah konkret yang bakal dilakukannya untuk menyejahterakan rakyat.

Proses budidaya tambak udang juga tidak membutuhkan proses waktu yang lama, sehingga pengentasan kemiskinan dapat segera direalisasikan.

"Saya pikir tambak udang itu penting karena pertama tidak mengganggu alam kemudian prosesnya cepat, tiga bulan mungkin sudah selesai, jadi yang menganggur bisa segera mendapatkan pekerjaan," kata Korari, Senin (16/11/2020).

Menurut dia, langkah untuk mengoptimalkan budidaya udang dilakukan lantaran sebagian besar wilayah di Kabupaten Bangka Tengah sangat cocok untuk pengembangan komoditas tersebut.

Langkah tersebut juga bertujuan agar dapat mencapai target Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) untuk meningkatkan ekspor udang hingga 250% di tahun 2024.

Selain itu, berdasarkan data United Nations Comtrade menunjukkan rata-rata nilai ekspor udang dengan kode HS 0306 pada 2015-2018 sebesar -2,19%.

Pada tahun lalu, nilai ekspor udang menurun 6,84% dari US$ 1,69 juta atau setara Rp 24,8 triliun pada 2017 menjadi US$ 1,57 juta atau setara Rp 23,1 triliun.

Sementara volume ekspor udang justru mengalami kenaikan dengan rata-rata pertumbuhan 2015-2018 sebesar 1,91%.

Halaman
123
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved