Breaking News:

Otomotif

Tak Hanya Jenis BBM, Ini Patokan Dasar Berkendara Secara Irit

Karena ternyata, masih ada beberapa hal yang wajib dilakukan pengendara mobil bila ingin optimal dalam hal keefisienan bahan bakar.

Tribun Jateng/Hermawan Handaka
Pemerintah menyebut ada rencana penghapusan BBM jenis Premium. Rencana tersebut disebut sejalan dengan Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Nomor 20 Tahun 2017 mengenai batasan Research Octane Number (RON). 

BANGKAPOS.COM - Meski pemilihan jenis BBM menjadi penentu agar mobil bisa irit saat digunakan, namun ternyata itu hanya rangkaian dari salah satu faktornya saja.

Karena ternyata, masih ada beberapa hal yang wajib dilakukan pengendara mobil bila ingin optimal dalam hal keefisienan bahan bakar.

"Ada tiga hal dasar paling menentukan keiritan bahan bakar saat berkendara. Pertama faktor BBM yang sesuai dengan kompresi kendaraan, lalu kondisi dari mobilnya. Terakhir, bagaimana cara kita berkendara, ini juga menjadi faktor paling menentukan, bukan karena isi BBM oktan tinggi langsung irit," ucap Executive Coordinator Technical Service Division PT Astra Daihatsu Motor (ADM) Bambang Supriyadi, kepada Kompas.com, Minggu (15/11/2020).

Menurut Bambang, yang dimaksud dengan kondisi mobil mengarah ke sisi perawatan dari kendaraan.

Apakah rutin melakukan servis berkendara, pengecekan mesin, sampai mengganti oli.

Sementara faktor berkendara, lebih ke gaya mengemudi. Bila selalu agresif atau sering menginjak pedal gas dalam-dalam dan melakukan pengereman mendadak, maka bisa dipastikan mobil tetap akan boros saat digunakan.

Mengenai gaya berkendara, hal utama yang harus dilakukan adalah menjaga ritmen putaran mesin.

Untuk itu, penting sekali pengendara berlatih menekan pedal gas demi menjagaga rpm mesin.

Putaran mesin bisa dipantau dari bagian speedometer, tepatnya pada sektor rpm.

Bila mau irit, sudah tentu rpm harus rendah, selain itu penting juga menjaga laju kendaraan agar konstan.

Halaman
12
Editor: Ajie Gusti Prabowo
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved