Breaking News:

TEH Mawar Kaya Manfaat Buat Kesehatan Tubuh Termasuk Menguatkan Sistem Imun Tubuh

Siapa sangka kalau bunga mawar yang sering kali menjadi simbol cinta dapat dijadikan teh dan bermanfaat untuk kesehatan?

Penulis: tidakada003 | Editor: Edi Yusmanto
shutterstock
Ilustrasi teh mawar 

BANGKAPOS.COM - Siapa sangka kalau bunga mawar yang sering kali menjadi simbol cinta dapat dijadikan teh dan bermanfaat untuk kesehatan?

Tidak hanya itu, teh mawar dipercaya ampuh mencegah kedatangan penyakit karena mengandung antioksidan. Teh ini juga tidak mengandung kafein seperti kebanyakan teh pada umumnya.

Selama ribuan tahun lamanya, bunga mawar telah dimanfaatkan sebagai pengobatan. Ratusan jenis bunga mawar pun dapat dijadikan teh.

Soal rasa, ada yang manis dan juga pahit, tergantung dari jenis bunga mawarnya. Berikut manfaat minum teh mawar yang wajib kita coba.

1. Tidak mengandung kafein

Kafein yang dikandung teh memang memiliki segudang manfaat, seperti mengatasi kelelahan hingga meningkatkan energi. Namun, sebagian orang memilih untuk tidak mengonsumsi kafein karena efek sampingnya.

Untungnya, teh mawar tidak mengandung kafein. Bagi yang ingin mengonsumsi teh tanpa kafein, teh mawar dapat menjadi solusinya.

Namun ingat, beberapa produk teh mawar yang dijual di pasaran sudah dibumbui dengan kafein. Maka dari itu, carilah teh mawar yang masih murni tanpa campuran apa pun.

2. Kaya akan antioksidan

Manfaat minum teh mawar selanjutnya datang dari senyawa antioksidan. Sumber utama antioksidan yang dikandung teh mawar adalah polifenol.

Menurut berbagai studi, mengonsumsi makanan yang kaya akan polifenol dipercaya dapat mencegah kanker, penyakit jantung, diabetes tipe 2, dan berbagai penyakit degeneratif.

Di dalam sebuah penelitian, para peneliti membuktikan bahwa polifenol yang dikandung teh mawar setara atau lebih hebat dibandingkan polifenol pada teh hijau.

Meski demikian, kandungan antioksidan pada bunga mawar tidak dapat terekstrak dengan baik saat direbus dengan air hangat.

Sebuah riset menyatakan, kandungan antioksidan pada ekstrak kelopak bunga mawar dianggap 30-50 persen lebih banyak dibandingkan teh mawar.

Halaman
123
Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved