Breaking News:

Penanganan Covid 19

Cara Benar Menggunakan Masker untuk Mencegah Virus Corona

Masker adalah satu di antara alat yang direkomendasikan WHO untuk digunakan masyarakat dalam upaya mencegah agar tidak tertular virus corona.

Editor: fitriadi
Darwinsyah/BangkaPos
Cara Benar Menggunakan Masker untuk Mencegah Virus Corona 

BANGKAPOS.COM - Masker adalah satu di antara alat yang direkomendasikan WHO untuk digunakan masyarakat dalam upaya mencegah agar tidak tertular virus corona.

Penggunaan masker ini tak hanya untuk masyarakat yang sakit, tetapi juga untuk masyarakat yang sehat, terutama saat beraktivitas di luar rumah.

dr Hasri Nopianto, Dokter Umum yang pernah bekerja di RSUD Depati Hamzah Pangkalpinang, mengatakan penggunaan masker di masa pandemi Covid-19 saat ini sangat penting.

"Sekarang pemerintah mewajibkan memakai masker, masker kain cukup untuk masyarakat umum. Jadi ditengah pandemi corona ini wajib setiap berpergian keluar,"ujar dr Hasri kepada Bangkapos.com, beberapa waktu lalu.

Baca juga: Foto-foto Gerakan Ayo Pakai Masker Cegah Covid-19 di Bangka Belitung

Dokter yang sedang menempuh Program Pendidikan Dokter Spesialis Orthopedi dan Traumatologi di Universitas Brawijaya ini menjelaskan fungsi masker untuk membantu mencegah penularan penyakit.

Sebab saat orang berbicara, batuk, atau bersin mungkin melepaskan partikel kecil mikroorganisme seperti kuman ke udara yang mungkin menginfeksi orang lain.

"Masker ada bagian putih dan berwarna (biru atau hijau). Bagian putih yang menghadap ke wajah dan sisi luar yang berwarna menghadap keluar. Bagian kawat yang terasa agak keras di bagian hidung dan ditekuk saat digunakan," jelasnya.

Hasri juga menjelaskan beda masker sekali pakai dan masker kain.

"Masker sekali pakai untuk menjaga percikan tetesan besar dari mulut seseorang, tidak untuk memblokir partikel kecil di udara, maksimal pemakaian 8 jam sejak keluar dari kemasan. Masker kain bisa menahan percikan air liur sehingga bisa menghambat proses penularan penyakit,"jelas dr Hasri.

Menurutnya, masker kain bisa digunakan untuk masyarakat umum dalam upaya pencegahan Covid-19 saat ini.

Halaman
12
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved