Breaking News:

Berita Pangkalpinang

KPPN Pangkalpinang Salurkan Dana BOS Rp305 Miliar di Tahun 2020, Begini Tahapannya

Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN)  Pangkalpinang sampai hari ini, Kamis (19/11/2020) telah menyalurkan dana BOS Tahun 2020  sebesar..

Istimewa/Puji Hartoyo
Kepala KPPN Pangkalpinang Esti Dwi Arvina 

BANGKAPOS.COM , BANGKA -- Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN)  Pangkalpinang sampai hari ini, Kamis (19/11/2020) telah menyalurkan dana BOS Tahun 2020  sebesar Rp305 Miliar atau sekitar 98 persen sesuai Pagu yang ditetapkan sebagaimana PMK 35/PMK.

Penyaluran dana tersebut merupakan tahap ketiga gelombang kedua, dan masih menyisakan satu gelombang lagi, yaitu penyaluran tahap ketiga gelombang ketiga.

Kepala KPPN Pangkalpinang, Esti Dwi Arvina dalam rilisnya kepada Bangkapos.com, Kamis (19/11/2020) mengatakan, pencairan dana BOS tahap ketiga gelombang ketiga yang bernilai Rp5,8 Miliar masih menunggu kesiapan data Kementerian Pendidikan Pusat.

"Penyaluran  terakhir yang telah dilakukan adalah tahap ketiga gelombang kedua yang sudah cair kemarin mempunyai nilai sebesar Rp15,5 Miliar untuk 250 sekolah," kata Esti.

Menurutnya, dana BOS ini disalurkan ke sekolah negeri dan swasta, jenjang pendidikan dasar dan menengah di wilayah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, yang berjumlah 1.162 sekolah untuk Dana BOS regular, 25 sekolah untuk dana BOS afirmasi dan 126 sekolah untuk dana BOS kinerja.

"Tujuan diberikannya Dana BOS pada pendidikan dasar adalah untuk mempercepat pencapaian program wajib belajar pada jenjang pendidikan dasar yang bermutu," katanya.

Sedangkan untuk tingkat pendidikan menengah guna mewujudkan layanan pendidikan menengah yang terjangkau dan bermutu bagi semua lapisan masyarakat. "Sistem penyaluran dana BOS yang dilakukan mempunyai tahapan-tahapan yang  terbagi dalam tiga tahap yaitu tahap satu mulai disalurkan pada Bulan Februari 2020 ,tahap dua mulai disalurkan pada bulan Mei 2020 dan  untuk tahap ketiga mulai disalurkan pada bulan September 2020," jelasnya.

Sementara itu, kesuksesan dan kecepatan tersalurnya dana BOS sebagaimana sekarang merupakan wujud dari partisipasi dan andil semua pihak. "Koordinasi yang baik antara pihak sekolah di wilayah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Dinas Pendidikan Provinsi Bangka Belitung dan Kementerian Pendidikan Pusat sebagai penyuplai data serta kevalidan data terkait jumlah sekolah dan jumlah siswa penerima bantuan menjadi dasar bagi Kementerian Keuangan  dan KPPN Pangkalpinang untuk melanjutkan proses penyaluran dana BOS," tambahnya.

Pada akhirnya ia berbarap, penyaluran dana BOS gelombang terakhir dapat diterima datanya dalam waktu yang tidak terlalu lama agar dananya dapat segera dimanfaatkan oleh penerima. "Dengan begitu, Pagu dana BOS sesuai PMK 35/MK.07/2020 yang mempunyai total Rp301,9 Miliar untuk dana BOS regular, Rp1,5 miliar untuk dana BOS afirmasi dan Rp7,5 miliar untuk dana BOS kinerja selangkah lagi akan dapat disalurkan semuanya," katanya. (Bangkapos.com/Andini Dwi Hasanah)

Penulis: Andini Dwi Hasanah
Editor: Fery Laskari
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved