Breaking News:

Berita Pangkalpinang

Pekan Depan Lidi Nipah Asal Bangka Belitung Kembali Diekspor, Kali Ini akan Dikirim ke Pakistan

Pemerintah Provinsi Bangka Belitung, kembali berencana akan melakukan ekspor lidi nipah ke negara Pakistan, pada pekan depan.

Penulis: Riki Pratama | Editor: nurhayati
Ist Elfiyena
Saat lidi nipah dimasukan kedalam mobil yang siap di ekspor 

BANGKAPOS.COM , BANGKA -- Pemerintah Provinsi Bangka Belitung, kembali berencana akan melakukan ekspor lidi nipah ke negara Pakistan, pada pekan depan.

Ekspor ini merupakan kali keduanya, yang sebelumnya pernah dilakukan Gubernur Babel Erzaldi Rosman, bersama Menteri Koperasi dan UMKM, Teten Masduki, pada Senin, (6/7/2020) lalu.

Saat itu, sebanyak 12 ton lidi nipah di ekspor ke Nepal, melalui Pelabuhan Pangkalbalam.

Kepala Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Bangka Belitung, Elfiyena, mengatakan, pihaknya akan melakukan ekspor kedua kalinya, kali ini bukan ke Negera Nepal tetapi ke Pakistan.

"Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Bangka Belitung akan kembali melaksanakan ekspor sebanyak 12 ton, satu kontainer, ini kali keduanya," jelas Elfiyena kepada Bangkapos.com, Kamis (19/11/2020).

Elfiyena, menambahkan, ini merupakan ekspor kedua, yang seharusnya dilakukan setiap bulanya. Namun, karena faktor cuaca sehingga dilakukan penundaan.

"Tujuannya ke Pakistan, seharusnya dilakukan ekspor tiap bulan, tetapi karena faktor cuaca, sehingga tidak bisa ekspor," ujarnya.

Kepala Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Bangka Belitung, Elfiyena.
Kepala Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Bangka Belitung, Elfiyena. (Bangkapos.com/Riki Pratama)

Dia menambahkan, ekspor yang dilakukam saat ini tergantung dari masyarakat untuk bisa menyediakan lidi nipah untuk dilakukan ekspor.

"Kita sudah melatih, bukan dari Kota Kapur saja, desa lainya juga diharapkan bisa mensuport. Ini perlu untuk memberikan kontribusi diharapkan sebulan sekali, desa lain belum menikmat dan merasakan ekspor ini,"katanya.

Elfiyena, mengatakan pihaknya terus mendorong agar masyarakat desa lainnya juga bisa ikut dalam penyediaan lidi nipah ini.

Halaman
12
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved