Breaking News:

DPC APDESI Babar Gelar Bimtek Penyuluhan Hukum Tahun 2020

Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (APDESI) Kabupaten Bangka Barat melaksanakan bimbingan teknis (Bimtek) penyuluh

ist
Kegiatan Bimbingan Teknis Penyuluhan Hukum Peningkatan Kapasitas Pemerintah Desa, Sosialisasi Permendes dan Koordinasi Kesiapan Pemerintah Desa Dalam Penyelenggaraan Pilkada Serentak 2020 Oleh DPC APDESI Kabupaten Bangka Barat, Rabu (18/11) dan Kamis (19/11). 

BANGKAPOS.COM , BANGKA -- Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (APDESI) Kabupaten Bangka Barat melaksanakan bimbingan teknis (Bimtek) penyuluhan hukum Tahun 2020 di Sol Marina Bangka Hotel & Conference Center, Rabu (18/11/2020) hingga Kamis (19/11/2020).

Selain dihadiri sebanyak 163 peserta yang terdiri dari kepala desa, staf kantor desa, ketua dan anggota Badan Permusyawarahan Desa (BPD), turut hadir pula Pjs Bupati Bangka Barat, Kajari Bangka Barat, Asisten l Gubernur Provinsi Babel, perwakilan Polres Bangka Barat, perwakilan Inspektorat Bangka Barat, Dinsospemdes Bangka Barat, ketua DPD APDESI Provinsi Babel, dan ketua DPC APDESI Bangka Barat serta seluruh pengurus.

Kegiatan Bimtek dibuka secara resmi oleh Sahirman Jumli selaku pejabat sementara (Pjs) Bupati Bangka Barat, dengan mengangkat tema peningkatan kapasitas pemerintah desa dan sosialisasi pemdes PDTT No.13 tahun 2020 tentang prioritas penggunaan dana desa tahun 2021 dan koordinasi kesiapan pemerintah desa dalam penyelenggaraan Pilkada serentak 2020 yang aman dan kondusif di wilayah Bangka Barat.

Dalam sambutannya, Sahirman Jumli mengatakan pemerintah desa merupakan ujung tombak pembangunan profesionalisme dan integritas untuk kemajuan daerah.  “Tentunya kita berterimakasih kepada DPC APDESI Bangka Barat atas terlaksananya kegiatan ini, karena keberhasilan pembangunan di desa tentu menjadi tolok ukur keberhasilan kabupaten selaku pembina. Selain itu kegiatan seperti ini sangat penting untuk membangun silaturahmi antara Kades, BPD, dan tokoh-tokoh di desa supaya saling bersinergi dalam melaksanakan unsur pemerintah dan pengelolaan keuangan daerah,” katanya, Rabu (18/11/2020).

Sementara itu Kejaksaan Negeri Bangka Barat selaku narasumber pada Bimtek ini menyampaikan materi terkait peran kejaksaan dalam pembangunan desa dan pencegahan tindakan pidana korupsi. Kepala Kejaksaan Negeri Bangka Barat, Helena Octavianne berharap melalui kegiatan ini seluruh aparat pemerintah desa bisa mengawal keuangan negara dengan baik.

“Kejaksaan disini sifatnya mendampingi dan mengawal seluruh aparatur desa agar tidak terjadi tindakan korupsi, oleh karena itu kami berharap aparat desa bisa bekerja sama dengan kami menggunakan keua­ngan negara dengan baik,” katanya.

Pada hari pertama Bimtek ini, Polres Bangka Barat dan Inspektorat Bangka Barat turut menjadi narasumber.
Pada hari ked ua, kegiatan Bimtek menghadirkan Dinas Sosial Pemberdayaan Masyarakat dan Desa kabupaten Bangka Barat dengan materi kebijakan pusat, daerah dan desa serta sosialisasi perihal PDTT no. 13 tahun 2020 tentang prioritas penggunaan dana desa tahun 2021.

Kadinsospemdes Bangka Barat Suradi yang juga sekaligus menutup kegiatan Bimtek mengatakan kegiatan yang digelar oleh DPC APDESI Bangka Barat ini bernilai positif sebagai sarana untuk meningkatkan kapasitas pelayanan masyarakat, sekaligus untuk meningkatkan profesionalisme dalam pemberdayaan masyarakat.

Ketua DPC APDESI Kabupaten Bangka Barat, Beny Asbandi berharap melalui Bimtek ini dapat menambah pengetahuan kepada seluruh aparatur desa, agar dapat menggunakan dana desa dengan baik, dapat bersikap netral dalam menyikapi Pilkada Serentak Bangka Barat 2020 dan terhindar dari hal-hal yang melawan hukum.

“Bimtek ini dilaksanakan dalam rangka supaya dana desa bisa tepat sasaran dan patuh hukum penggunaannya, karena setiap tahunnya dana desa ini berubah-ubah peruntukannya. Semoga setelah Bimtek ini, kami selaku pemerintah desa bisa menggunakan dana desa dengan baik dan berdampak kepada kemajuan desa,”tegasnya, Kamis (19/11/2020).

Pada kegiatan Bimtek ini DPC APDESI Bangka Barat juga memberikan plakat kenang-kenangan kepada Pjs Bupati Bangka Barat, Kejari Bangka Barat, Polres Bangka Barat, Inspektorat Bangka Barat, Dinsospemdes Bangka Barat dan juga memberikan sertifikat kepada para peserta Bimtek. (Advertorial/t2/bow).

Penulis: iklan bangkapos
Editor: Fery Laskari
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved