Breaking News:

Berita Bangka Selatan

Selama 2020 BPN Basel Terbitkan 2.643 Sertifikat Tanah

Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Bangka Selatan pada Tahun 2020 telah menerbitkan 2.643 sertifikat tanah melalui program Pendaftaran Tanah Si

Penulis: Jhoni Kurniawan | Editor: Fery Laskari
bangkapos.com/jhoni
Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Bangka Selatan, Agus Suprapta 

BANGKAPOS.COM.COM , BANGKA  - Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Bangka Selatan pada Tahun 2020 telah menerbitkan 2.643 sertifikat tanah melalui program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) di Kabupaten Bangka Selatan.

2.643 sertifikat yang telah diterbitkan ini tersebar di 5 desa di Kabupaten Bangka Selatan yakni Desa Sebagin, Desa Pasir Putih, Desa Pergam, Desa Rindik dan Desa Tanjung Sangkar.

Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Bangka Selatan, Agus Suprapta menyampaikan penerbitan 2.643 sertifikat tanah di lima desa di Kabupaten Bangka Selatan telah terealisasi 100 persen.

Namun demikian, Agus menyebutkan saat ini sertifikat tanah yang telah diserahkan secara langsung kepada masyarakat penerima barulah 10 penerima yang dilakukan secara simbolis.

"Untuk penyerahan sertifikat tanah ini sudah dilakukan secara simbolis, namun secara keseluruhan belum diserahkan kepada penerima karena masih harus menunggu proses validasi bea perolehan hak atas tanah dan bangunan (BPHTB) di Badan Keuangan Daerah Kabupaten Bangka Selatan," kata Agus, Jumat (20/11/2020).

Secara teknis dalam pelaksanaan program PTSL ini, Agus mengakui tidak ada kendala secara teknis, namun terkendala di tengah masyarakat yang mana masih ada sebagian masyarakat yang belum pro-aktif dan kurang antusias saat menerima program ini.

"Masyarakat kita sepertinya kurang antusias dalam menerima program ini karena untuk pemenuhan data-datanya semisal data  penduduk dan sebagainya tidak diserahkan secara langsung dan harus kita tagih-tagih terlebih dulu," katanya.

Namun demikian Agus mengakui setiap prosesnya berjalan dengan lancar dan aman.

Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Bangka Selatan, Agus Suprapta menyatakan pada 2021 mendatang pihaknya masih memiliki program ini.

"Untuk tahun depan kita masih punya program PTSL. Dan akan kami rencanakan pemetaan lokasinya di Lepar Pongok," kata Agus.

Sementara itu untuk target PTSL pada 2021 mendatang, Agus menyatakan menargetkan hingga 4000 sertifikat tanah. (Bangkapos.com/Jhoni Kurniawan)

Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved