Breaking News:

Berita Bangka Selatan

Kunjungi Desa Panca Tunggal, Menteri Desa akan Revitalisasi Kawasan Transmigrasi Hingga Lebih Baik

Abdul Halim Iskandar menegaskan akan merevitalisasi desa transmigrasi saat berkunjung ke Desa Panca Tunggal, Kecamatan Pulau Besar.

Bangkapos.com/Jhoni Kurniawan
Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Republik Indonesia, Abdul Halim Iskandar didampingi oleh Kepala Desa Panca Tunggal saat berkunjung ke Desa Panca Tunggal Kecamatan Pulau Besar, Kabupaten Bangka Selatan, Sabtu (21/11/2020). 

BANGKAPOS.COM , BANGKA -- Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Republik Indonesia, Abdul Halim Iskandar menegaskan akan merevitalisasi desa transmigrasi saat berkunjung ke Desa Panca Tunggal, Kecamatan Pulau Besar, Sabtu (21/11/2020).

Melalui langkah revitalisasi, Abdul Halim Iskandar menyatakannya sebagai langkah terbaik guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat transmigrasi daripada harus membuka kawasan baru.

"Jika memang ada program penempatan baru terhadap transmigrasi  maka akan kita tempatkan di lokasi yang sudah siap dan sudah ada sehingga tidak perlu lagi membuka kawasan baru. Ini juga menjadi kebijakan saya 5 tahun ini yang lebih utamanya adalah bagaimana yang sudah ada menjadi lebih baik," ungkap sosok yang akrab disapa Gus Menteri ini.

Abdul Halim Iskandar menyebutkan jika Desa Panca Tunggal merupakan desa transmigrasi yang telah ditempati sejak 1994-1995 lalu dan telah berlangsung lebih kurang 26 tahun.

Kendatipun dinamika dan pasang surut kerap terjadi di desa transmigrasi, Gus Menteri tetap merasakan rasa syukurnya karena masyarakat transmigrasi dapat tetap terus berjuang dan menjadi desa yang yang mapan.

"Harapan kita semua adalah tentunya masyarakat transmigrasi kita khususnya di Desa Panca Tunggal ini tetap bertahan dengan kesejahteraan yang terjadi dan transmigrasi merupakan pahlawan. Bahkan banyak cerita yang menceritakan jika hidup di daerah trans itu menyenangkan," ungkap Abdul Halim.

Saat berkunjung ke Desa Panca Tunggal, Gus Menteri mengakui dirinya menerima laporan jika 400 hektar lahan di Desa Panca Tunggal mengalami permasalahan irigasi.

"Tadi ada juga laporan 400 hektar yang irigasinya perlu ditangani sehingga saat musim kemarau tidak kering dan saat musim hujan tidak meluap dan kebanjiran. Harapan kita adalah ini menjadi perhatian kita bersama untuk merevitalisasi sehingga permasalahan yang muncul dapat ditangani dan diselesaikan," katanya.

Abdul Halim Iskandar juga menyebutkan jika digitalisasi desa di bidang ekonomi harus terus ditingkatkan sehingga kemajuan di desa dapat terus dikembangkan.

Menurut Abdul Halim, dengan adanya digitalisasi desa di bidang ekonomi maka setiap produk dari desa akan mudah dipasarkan, pelayanan di desa semakin baik dan peningkatan kualitas SDM juga menjadi baik.

"Target kita adalah desa tanpa kemiskinan, desa tanpa kelaparan, ramah perempuan, desa sehat oleh karena itu setiap arah pembangunan ialah kesitu yang menuju desa yang lebih baik," harap Abdul Halim.

( Bangkapos.com / Jhoni Kurniawan )

Penulis: Jhoni Kurniawan
Editor: nurhayati
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved