Breaking News:

Berita Pangkalpinang

Paspor Calhaj Habis Masa Berlakunya, Mau Diperpanjang Tak Perlu ke Kantor Imigrasi , Ini Caranya

Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Kepulauan Bangka Belitung bekerjasama dengan pihak Kantor Imigrasi Kelas 1 TPI Pangkalpinang

Ist/Gema Firdana/Humas Kemenag Kota Pangkalpinang
Seksi Pendaftaran, Dokumen Haji Reguler dan Sistem Informasi Haji dan Umrah yang dipimpin oleh Dewi Rosaria Indah, atau yang akrab disapa Wiwik (tengah). 

BANGKAPOS.COM , BANGKA -- Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Kepulauan Bangka Belitung bekerjasama dengan pihak Kantor Imigrasi Kelas 1 TPI Pangkalpinang memberikan kemudahan perpanjangan paspor bagi para calon jemaah haji (calhaj) asal Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Untuk itu Seksi Pendaftaran, Dokumen Haji Reguler dan Sistem Informasi Haji dan Umrah yang dipimpin oleh Dewi Rosaria Indah turun langsung ke kabupaten/kota bersama pihak Kantor Imigrasi Kelas 1 TPI Pangkalpinang, untuk menyambangi para calon jemaah haji estimasi keberangkatan tahun 2021 yang teridentifikasi telah habis masa berlaku paspornya pada musim keberangkatan haji tahun 2021 mendatang, agar dapat diproses langsung perpanjangan paspornya.

"Dari hasil verifikasi data paspor calon jemaah haji Provinsi Kepulauan Bangka Belitung yang telah diinput secara online, melalui aplikasi Sistem Informasi dan Komputerisasi Haji Terpadu (Siskohat) Kemenag RI, didapatkan data bahwa ada 39 calon jemaah haji estimasi tahun keberangkatan 2021 mendatang yang akan habis masa berlakunya," jelas Dewi Rosaria yang akrab disapa Wiwik kepada Bangkapos.com.

Para calhaj  harus mendapatkan pelayanan dengan skala prioritas yang utama, terlebih di masa pandemi Covid-19 yang mengharuskan semua layanan dilakukan dalam keterbatasan guna pencegahan penyebaran virus tersebut. 

"Segala sesuatu yang berkaitan dengan dokumen haji, termasuk juga didalamnya paspor, merupakan bagian dari tanggung jawab kami di Seksi Pendaftaran, Dokumen Haji Reguler dan Sistem Informasi Haji dan Umrah. Sehingga kami pun akhirnya berinisiatif menggandeng pihak Kantor Imigrasi Pangkalpinang untuk mendatangi calon jemaah yang bersangkutan secara langsung untuk memproses perpanjangan Paspornya," jelas Wiwik.

Menurutnya  dari data yang diperoleh dari siskohat, tercatat ada 39 calon jemaah haji yang akan habis masa berlaku paspornya pada tahun keberangkatan 2021 mendatang dengan rincian, 10 calhaj asal Kabupaten Bangka, 16 orang dari Pangkalpinang, dua orangdari Kabupaten Bangka Barat, serta dari Kabupaten Bangka Tengah dan Bangka Selatan masing-masing satu orang, ditambah dengan sembilan calhaj dari Kabupaten Belitung.

Dalam proses perpanjangan paspor ini, para calhaj tidak perlu bersusah payah untuk datang ke Kantor Imigrasi Kelas 1 TPI Pangkalpinang.

Mereka cukup datang ke kantor kemenag kota/kabupaten dengan membawa kelengkapan berkas administrasi yang diperlukan, antara lain e-KTP Asli, paspor lama, materai Rp 6.000 sebanyak satu lembar, dan biaya perpanjangan Paspor sesuai dengan ketentuan pemerintah, yaitu sebesar Rp 350.000.

Selanjutnya setelah diverifikasi data, mereka akan diberikan slip pembayaran biaya administrasi. Apabila pembayaran telah dilakukan pada bank/kantor pos, para calhaj sudah bisa mendapatkan paspor barunya paling lama tiga hari setelah pembayaran tersebut.

Lebih lanjut dalam percepatan penanganan perpanjangan paspor ini juga bertujuan untuk mempercepat proses penerbitan visa haji yang penanganannya, ada pada tingkat Kanwil Kemenag melalui Seksi Pendaftaran, Dokumen Haji Reguler dan Sistem Informasi Haji dan Umrah.

"Untuk hal ini, kami telah menjadwalkan penanganan langsung ke Kemenag Kabupaten/Kota, mulai hari Jum'at (20/11/2020) untuk daerah Kabupaten Bangka, (24/11/2020) di Kota Pangkalpinang, (25/11/2020) di Bangka Selatan, (01/12/2020) di Bangka Tengah dan (02/12/2020) Desember di Bangka Barat. Sedangkan untuk daerah Kabupaten Belitung, akan ditangani langsung oleh pihak Kemenag Kabupaten Belitung bekerjasama dengan Kantor Imigrasi Belitung dibawah pengawasan Kanwil Kemenag Provinsi Kepulauan Bangka Belitung," ungkapnya.

"Dari hasil pantauan kami pada pelaksanaan kegiatan pada hari pertama di Kemenag Kabupaten Bangka, terlihat animo masyarakat cukup tinggi hal ini dibuktikan dengan telah siapnya mereka di lokasi sebelum tim tiba sesuai dengan jadwal yang ditentukan," ungkap Wiwik.

Sementara itu dalam proses penanganan perpanjangan paspor di Kemenag Kabupaten Bangka tersebut, ditemukan ada satu calhaj ang belum bisa diproses perpanjangan paspornya dikarenakan adanya perbedaan data antara paspor dengan KTP yang bersangkutan.

Namun, setelah melakukan koordinasi dengan pihak Kantor Imigrasi Pangkalpinang, Wiwik pun menjamin, setelah dilakukan perubahan data terlebih dahulu, pengurusan perpanjangan paspor jemaah yang bersangkutan dapat diproses lebih lanjut seperti jemaah lainnya.

"Upaya yang dilakukannya bersama dengan tim dari Kanwil Kemenag Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dan Kantor Imigrasi Kelas 1 TPI Pangkalpinang ini benar-benar dapat memberikan kemudahan kepada para calon jemaah haji, terutama dalam melengkapi dokumen dan berkas administrasi, yang masuk kedalam ranah tugas seksi yang dipimpinnya," jelas Wiwik. ( Bangkapos.com / Rilis / Rizky Irianda Pahlevy )

Penulis: Rizki Irianda Pahlevy
Editor: nurhayati
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved