Breaking News:

Mayat dalam Karung

Abdullah Yahya Pelaku Pembunuh Ayu, Dijerat Pasal Berlapis Hingga Terancam Hukuman Mati

Abdullah Yahya (32) pelaku pembunuh Ayu Carla (29), yang mayatnya ditemukan di dalam karung di Penginapan Dewi Residence II, Kacangpedang

Penulis: Yuranda | Editor: nurhayati
bangkapos.com/Resha Juhari
Anggota kepolisian Polres Pangkalpinang membawa mayat dalam karung yang ditemukan di Penginapan Dewi Residence 2, Kacang Pedang, Kota Pangkalpinang, Sabtu (14/11/2020). Polres Pangkalpinang menyebutkan dugaan sementara mayat tersebut berkelamin perempuan. 

BANGKAPOS.COM , BANGKA -- Abdullah Yahya (32) pelaku pembunuh Ayu Carla (29), yang mayatnya ditemukan di dalam karung di Penginapan Dewi Residence II, Kacangpedang, Pangkalpinang, akan diancam dengan pasal 340 KUHP tentang pembunuhan berencana.

Kasat Reskrim Polres Pangkalpinang AKP Adi Putra mengatakan sebelumnya, Abdullah Yahya, sudah ditetapkan melanggar dua pasal yakni Pasal 338 KUHP dan Pasal 365 ayat 3 KUHP. Jika pasal 340 KUHP memenuhi unsur, maka pihaknya akan menetapkan pasal tersebut.

“Barang siapa dengan sengaja dan dengan direncanakan lebih dahulu menghilangkan nyawa orang lain, dihukum karena pembunuhan direncanakan, dengan hukuman mati atau penjara seumur hidup atau penjara sementara selama-lamanya dua puluh tahun,”  ungkap Adi Putra, Rabu (25/11/2020) kepada Bangkapos.com.

Menurutnya, dari uraian bunyi pasal di atas, bisa disimpulkan bahwa pembunuhan berencana itu, memiliki dua unsur, yaitu unsur subyektif dan unsur obyektif.

"Unsur subyektif, yaitu dengan sengaja, dengan rencana lebih dahulu. Unsur obyektif, perbuatan (menghilangkan nyawa), obyeknya (nyawa orang lain). Untuk unsur subyektifnya ini yang harus kita dalami kembali dengan berkoordinasi ke jaksa sehingga kami 1 persepsi hukum," jelas Adi.

"Kalau untuk unsur subyektifnya sudah terpenuhi, maka akan kami tetapkan, pasal 340 KUHP," lanjutnya.

Sebelumnya diberitakan, Abdullah Yahya, kini sudah ditetapkan sebagai tetapkan sebagai tersangka, sejak, Senin (23/11/2020). Atas perbuatan Abdullah Yahya, ia dijerat dengan pasal berlapis.

Kasat Reskrim Polres Pangkalpinang, AKP Adi Putra membenarkan tersangka tersangka ditetapkan pasal berlapis, atas perbuatan menghabisi nyawa orang lain.

"Hasil sementara penyidikan kami, sudah memenuhi unsur pidananya ada 2 pasal berlapis yang sudah kami kenakan, terhadap tersangka yaitu, Pasal 338 KUHP dan Pasal 365 ayat 3 KUHP," kata AKP Adi Putra, kepada Bangkapos.com, Selasa (24/11/2020)

Kata Adi, dari masing-masing pasal tersebut, tersangka dikenakan ancaman hukuman 15 tahun penjara. Maka lanjutnya bila ditotalkan ancaman hukuman yang menjerat Abdullah Yahya, menjadi  30 tahun penjara.

Halaman
1234
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved