Breaking News:

Pilkada Bangka Tengah

Bawaslu Bangka Tengah Tertibkan Ratusan APK Paslon yang Melanggar

Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Bangka Tengah (Bateng) melakukan penertiban terhadap Alat Peraga Kampanye (APK)

Ist/Humas Bawaslu Bangka Tengah
Bawaslu Bateng bersama Satpol PP saat menertibkan APK pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati 

BANGKAPOS.COM , BANGKA -- Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Bangka Tengah (Bateng) melakukan penertiban terhadap Alat Peraga Kampanye (APK) Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati pada Pilkada Kabupaten Bateng Tahun 2020 yang melanggar dan tidak sesuai aturan. 

Kegiatan penertiban APK ini dilaksanakan secara serentak pada Senin (23/11/2020) di seluruh kecamatan di Kabupaten Bateng yang dilakukan oleh Panwaslu Kecamatan bersama BKO Sat Pol PP Kecamatan dengan dikawal aparat kepolisian dari tiap-tiap Polsek.

Koordinator Divisi Hukum, Penanganan Pelanggaran, dan Penyelesaian Sengkata Bawaslu Kabupaten Bateng, Wahyu Tri Buwono mengatakan Bawaslu Bateng dan jajaran sebelumnya telah melakukan inventarisasi terlebih dahulu terkait alat peraga pasangan calon yang terpasang di seluruh wilayah Kabupaten Bateng. 

 "Penertiban ini dilakukan setelah sebelumnya panwaslu kecamatan dan panwaslu kelurahan/desa terlebih dahulu melakukan inventarisasi terhadap alat peraga kampanye milik Paslon yang terpasang melanggar dan tidak sesuai aturan," jelasnya kepada Bangkapos.com

Ia melanjutkan, sebelum melakukan penertiban ini pada Kamis, 19 November 2020 Bawaslu Bateng melakukan rapat koordinasi bersama KPU Kabupaten Bateng, Sat Pol PP Kabupaten Bateng, LO pasangan calon dan partai politik guna membahas APK milik paslon yang melanggar agar dapat diperbaiki atau dilepas sendiri oleh tim kampanye maupun partai politik.  

"Dalam rapat tersebut kami menyampaikan secara langsung kepada LO paslon maupun perwakilan partai politik mengenai hal-hal yang dilanggar terhadap APK yang dipasang, yaitu melanggar jumlah, melanggar  titik pemasangan, dan desain," ungkapnya.

"Dalam rapat ini juga diimbau agar dapat ditindak lanjuti oleh LO paslon maupun parpol untuk diperbaiki atau dilepaskan sebelum hari penertiban. Karena jika masih ditemukan adanya APK yang melanggar, maka APK yang melanggar tersebut akan ditertibkan dan diamankan," lanjut Wahyu.

Setelah mengadakan rapat koordinasi,  pihaknya menyampaikan rekomendasi tertulis kepada KPU Kabupaten Bateng untuk menyurati tim kampanye paslon untuk mengimbau agar alat peraga kampanye yang melanggar tersebut dapat diperbaiki atau ditertibkan sendiri oleh paslon atau parpol dalam waktu 1 x 24 jam.   

"Jadi, upaya persuasif sudah kita lakukan sebelum penertiban dilaksanakan secara serentak," kata Wahyu.

Lebih lanjut Wahyu mengungkapkan pelaksanaan penertiban yang dilakukan pada hari Senin kemarin sedikit terhambat karena cuaca yang hujan, sehingga pelaksanaan penertiban baru bisa dilaksanakan setelah hujan reda.

Halaman
12
Penulis: Widodo
Editor: nurhayati
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved