Breaking News:

Berita Pangkalpinang

Buaya Nakal Sungai Rangkui Naik ke Pemukiman, Begini Nasibnya

Buaya ini ukurannya memang kecil, namun dia terbilang nakal. Pasalnya, sang predator itu sering naik ke daratan bahkan muncul ke pemukiman warga..

Editor: Fery Laskari
ist/ National Geographic Indonesia
Ilustrasi Buaya- Kisah Buaya Besar 6,1 Meter Bernama Lolong, Buaya Terbesar di Dunia yang Jadi Daya Tarik Wisatawan 

BANGKAPOS.COM ,BANGKA -- Buaya ini ukurannya memang kecil, namun dia terbilang nakal. Pasalnya, sang predator itu sering naik ke daratan bahkan muncul di pemukiman warga. Karena khawatir, sang gigi gergaji dijebak. Menggunakan pancing dan seutas tali serta umpan, buaya itu pun berhasil dilumpuhkan dan kemudian jadi tontotan warga.

Predator ganas ini diduga jenis buaya muara. Ukuran panjangnya hannya sekitar 1,5 meter (mungkin kategori anak buaya -red). Buaya ditangkap warga menggunakan tali dan pancing, tadi malam di Aliran Sungai Rangkui, Kampung Opas Indah, Pangkalpinang, Provinsi Bangka Belitung (Babel), Selasa (24/11/2020) malam.

Sekertaris RT 3, Kelurahan Opas Indah, Pangkalpinang, Satya Wibawa, Selasa (24/11/2020) malam mengatakan buaya ini kerap muncul di permukaan dan hampir naik ke pemukiman warga, sehingga masyarakat menangkapnya.

"Kami menangkapnya (buaya -red) menggunakan pancing dan langsung kami bawa ke daratan," kata Satya ditemui Bangkapos.com , Selasa (24112020) malam, usai penangkapan. Buaya diserahkan ke Pusat Penangkaran Satwa Alobi Babel atau dilepaskan ke habitatnya.

Sementara itu, pihak Yayasan Konservasi Pusat Penyelamatan Satwa Alobi Foundation Bangka Belitung, langsung datang ke lokasi guna membawa buaya tersebut ke penangkaran di Airjangkang, Merawang, Bangka.

"Kami akan bawa buaya ini ke sana ( Alobi Foundation Bangka Belitung -red), " kata Anggota Alobi Babel, Zikri Alamsyah, Selasa (24/11/2020) malam.

Sementara itu, rawa dan sungai yang banyak terdapat di Indonesia menjadi habitat buaya untuk bersarang dan berkembang biak.

Namun, sekarang banyak kasus buaya menyerang manusia karena predator ini merasa huniannya terganggu.

Apa saja, ya, jenis buaya yang ada di Indonesia? Simak penjelasan berikut:

Buaya Siam

Buaya siam (Crocodylus siamensis) adalah salah satu buaya yang banyak ditemukan di Indonesia, khususnya Jawa dan Kalimantan. (via Kompas.com

Meskipun hewan ini adalah buaya, tapi di beberapa wilayah Pulau Jawa, buaya siam disebut juga buaya kodok.

Buaya siam secara alami tersebar di negara-negara Asia, seperti Indonesia yaitu Pulau Jawa dan Kalimantan Timur, Malaysia yaitu Sabah dan Serawak, Laos, Kamboja, Thailand, dan Vietnam.

Habitat buaya siam adalah di air tawar dengan perairan yang berarus lambat, misalnya rawa-sawa, sungai di wilayah daratan, dan danau.

Halaman
1234
Sumber: bangkapos.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved