Breaking News:

Berita Sungailiat

Polman Babel Bantu Turbo Jet Drive 3DP untuk Mesin Perahu Nelayan Sungai Desa Sempan

Pemanfaatan teknologi Turbo Water Jet Drive produk 3D Printing hemat BBM dikembangkan oleh dosen Politeknik Manufaktur Negeri Bangka Belitung

Ist,/PKM Polman Babel
Penyerahan Bantuan Turbo Jet Drive 3DPMesin kepada Bahari, nelayan Desa Sempan oleh Hasdiansah dan Pristiansyah, dosen Polman Babel. 

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Pemanfaatan teknologi Turbo Water Jet Drive produk 3D Printing hemat BBM dikembangkan oleh dosen Politeknik Manufaktur Negeri Bangka Belitung (Polman Babel) sebagai solusi bagi kelompok nelayan sungai Desa Sempan Kecamatan Pemali Kabupaten Bangka dalam menjalankan aktivitasnya saat mencari ikan dan udang galah di sungai.

"Produk yang kami dikembangkan ini dari proses 3D printing sebagai bentuk pengabdian dosen Polman Babel kepada masyarakat untuk membantu para kelompok nelayan sungai agar lebih mudah dan efektif saat menangkap ikan dan udang sehingga hasil tangkapan semakin meningkat," kata Hasdiansah, Ketua Tim Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) Polman Babel kepada Bangkapos.com, Kamis (26/11/2020).

Diungkapkannya, sistem ini memberikan solusi dan bantuan dalam bentuk alat penggerak perahu yang hemat BBM. Dimana sistem penggerak tersebut memanfaatkan teknologi Turbo Water Jet Drive produk 3D printing yang dipasang pada perahu berteknologi Fused Deposition Modelling (FDM).

"Turbo Jet sebagai penggerak perahu menggunakan mesin berkapasitas 58 cc dan 8500 rpm sehingga hemat BBM. Mesin tersebut menggerakkan propeler berdiameter 120 mm," jelasnya.

Sementara itu, perwakilan kelompok nelayan Desa Sempan Kecamatan Pemali, Bahari sangat menyambut baik  bantuan yang diberikan oleh Polman Babel ini.

"Sejak 2009 saya memulai usaha sebagai nelayan sungai untuk memenuhi kebutuhan keluarga, karena  

sungai Desa Sempan merupakan salah satu sungai yang memiliki potensi udang galah dan ikan sungai yang kualitas cukup baik sehingga banyak warga desa memilih profesi sebagai nelayan sungai," ujar Bahari yang menggunakan perahu dayung sebagai sarana mencari udang dan ikan.

Bahari berharap semoga dengan adanya bantuan mesin ini bisa menjadi lebih mudah mencari udang dan ikan di sungai tanpa harus mendayung lagi.

"Terima kasih kepada Polman Babel atas bantuan dan pengabdiannya, mesin ini akan kami manfaatkan sebaik-baiknya," ujar Bahari. 

Tim PKM Polman Babel  terdiri dari Hasdiansah, Pristiansyah dan Indra Feriadi memanfaatkan 3D printing dalam pengembangan teknologi Turbo Jet Drive karena saat ini teknologi 3D printing terus dimanfaatkan Polmanbabel yang merupakan bagian era 4.0 untuk membantu masyarakat. 

Tim juga akan melakukan penelitian untuk pengembangan teknologi Turbo Jet Drive dengan menggunakan teknologi 3D printing dengan kapasitas mesin yang lebih besar sehingga dapat digunakan pada perahu nelayan yang lebih besar. 

(Bangkapos.com/Edwardi)

Penulis: edwardi
Editor: khamelia
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved