Breaking News:

Bangka Barat Bakal Keciprat Lagi DID Rp 29 Miliar Tahun Depan

Upaya Pemerintah Kabupaten Bangka Barat atas pencapaian opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan

Editor: fitriadi
Ist
Kepala BPKAD Bangka Barat Abimanyu. 

Bangkapos.com - Upaya Pemerintah Kabupaten Bangka Barat atas pencapaian opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Perwakilan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Tahun Anggaran 2019 patut diapresiasi.

Atas prestasi WTP tersebut Pemkab Bangka Barat bakal menerima lagi kucuran Dana Insentif Daerah (DID) dari Kementerian Keuangan RI pada 2021 mendatang senilai Rp 29 miliar.

Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Bangka Barat Abimanyu menjelaskan kali ini kucuran DID itu sebagai reward bagi Bangka Barat karena berhasil meraih opini WTP dari BPK.

"Yang jelas kita akan mendapatkan hadiah dari Pemerintah pusat berupa tambahan Dana Insentif Daerah tahun depan yang besarannya Rp 29 miliar," kata Abimanyu lewat pesan WhatsApp, Jumat siang.

Menurut Abi-sapaan karib Abimanyu- kucuran DID Rp 29 miliar itu diberikan di luar dari Dana Alokasi Umum (DAU) dan Dana Alokasi Khusus (DAK).

Abi membeberkan pemanfaatan DID Rp 29 miliar itu nanti berdasarkan juknis seperti DID lain sebelumnya.

"Begitu juga dengan DID tambahan yang sudah diterima di 2020 ada juknisnya yang bisa digunakan untuk penanganan covid-19, bansos dan pemulihan ekonomi nasional," tukas Abimanyu.

Sebagaimana diketahui, dana DID merupakan dana bersifat insentif dari pusat yang diberikan kepada daerah yang mempunyai prestasi dengan indikator tertentu.

"Untuk Bangka Barat tahun 2021 mendapatkan dana insentif daerah sebesar Rp 29 miliar karena pada tahun 2020 Babar mendapatkan opini WTP dari BPK untuk laporan keuangan 2019. Tahun 2020 ini, Babar sudah mendapatkan dana insentif daerah tambahan kurang lebih Rp 23 miliar karena dinilai oleh pemerintah pusat mampu menanggulangi covid 19," tutup Abimanyu. (Advertorial)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved