Breaking News:

Cara Cairkan Dana Taperum PNS dan Pensiunan PNS, Ini Dokumen yang Harus Disiapkan

PNS dan pensiunan PNS wajib melengkapi dokumen pencairan dana tabungan perumahan ( Taperum) yang selama ini dipotong dari gaji.

Editor: fitriadi
Bangkapos.com
Cara Cairkan Dana Taperum PNS dan Pensiunan PNS, Ini Dokumen yang Harus Disiapkan 

Bangkapos.com - Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan pensiunan PNS wajib melengkapi dokumen pencairan dana tabungan perumahan ( Taperum) yang selama ini dipotong dari gaji.

Dokumen yang harus disiapkan berupa KTP, SK Pensiun, serta nomor rekening bank.

Khusus ahli waris PNS pensiun, diperlukan beberapa persyaratan tambahan seperti surat kuasa bermaterai, KTP ahli waris, dan surat keterangan ahli waris.

Badan Pengelola tabungan Perumahan Rakyat ( BP Tapera) bakal mengembalikan dana tabungan perumahan ( Taperum) yang sebelumnya dikelola oleh Bapertarum.

Dengan kebijakan ini, PNS dan pensiunan PNS bakal menerima 'uang kaget' dalam jumlah cukup banyak.

Adapun pengembalian dana ini juga merupakan mandat dalam Peraturan Menteri Keuangan (PMK) 122/PMK.05/2020 tentang Tata Cara Pengalihan dan Pengembalian Dana Tabungan Perumahan Pegawai Negeri Sipil.

Baca juga: CPNS 2021 Dibuka Maret, Ini Formasi yang Minim Peminat yang Bisa Jadi Pertimbangan Kamu

Dalam aturan itu disebutkan aset untuk dan atas nama Bapertarum PNS yang telah dihitung dan ditetapkan oleh tim likuidiasi akan dialihkan BP Tapera untuk dikembalikan kepada PNS pensiun atau ahli waris PNS pensiun dan PNS aktif sebagai saldo awal.

"Pensiunan maupun ahli waris dapat menerima dana tersebut setelah dilakukan verifikasi dokumen dan memiliki rekening atas nama peserta atau ahli waris," jelasnya.

Eko mengatakan, pensiunan beserta ahli warisnya tidak perlu mendatangi kantor BP Tapera, karena dana pengembalian akan langsung ditransfe ke rekening setelah melalui proses validasi dan verifikasi melalui pemberi kerja selesai dilaksanakan.

"Untuk memastikan bahwa pengembalian tabungan peserta PNS pensiun atau ahli waris diterima langsung pada yang berhak," katanya.

Halaman
1234
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved