Breaking News:

Diabetes Jadi Penyakit Komorbid Berbahaya Pasien Covid-19, Puskesmas Diminta Lakukan Mitigasi

Salah satu penyakit penyerta atau komorbid pasien Covid-19 yang cukup berbahaya adalah diabetes.

Editor: Ardhina Trisila Sakti
freepik
Ilustrasi diabetes 

BANGKAPOS.COM - Diabetes adalah salah satu penyakit yang membawa beban ekonomi yang sangat besar, karena berbagai komplikasinya.

Semakin tidak terkontrol kadar gula darah, maka semakin mahal cost (biaya) yang harus dikeluarkan untuk perawatan medis.

“Yang mahal bukan diabetesnya, tetapi juga biaya untuk komplikasinya. Misalnya penyandang diabetes memiliki hipertensi, penyakit ginjal, atau jantung maka obat untuk komplikasi itu juga harus diteruskan,” kata Prof. Dr. dr. Ketut Suastika, SpPD- KEMD, Ketua Perkeni (perkumpulan endokrinologi Indonesia) dalam siaran pers.

Berdasarkan data CHEPS Universitas Indonesia, jika tidak dilakukan intervensi di pelayanan kesehatan sejak dini, penanganan diabetes di pelayanan kesehatan diestimasikan mencapai Rp 199 triliun, di mana Rp 142 triiliun untuk pembiayaan komplikasinya saja.

Baca juga: Zodiak Besok Sabtu 28 November 2020: Leo Lalai di Tempat Kerja, Libra Lepas dari Penyakit

Baca juga: Respon Ibu Wijin Pada Sosok Gisel, Ternyata Sesalkan Keputusan Pacar Anaknya: Kok Sayang Banget ya

Komplikasi yang banyak diderita oleh pasien diabetes tipe 2 berupa mikrovaskular, seperti nefropati (penyakit ginjal), retinopati (kerusakan pembuluh darah di retina), dan makrovaskular seperti stroke dan penyakit jantung.

Belum lagi jika bicara biaya tidak langsung seperti hilangnya produktivitas kerja dan biaya transportasi bolak balik ke rumah sakit. Termasuk anggota keluarga pasien yang bisa berkurang bahkan hilang produktivitas kerja untuk menemani pasien.

Pasien diabetes di masa pandemi Covid-19

Salah satu penyakit penyerta atau komorbid pasien Covid-19 yang cukup berbahaya adalah diabetes.

Diabetes menempati urutan kedua setelah hipertensi sebagai penyebab keparahan dan kematian pasien Covid-19.

Pasien diabetes harus lebih waspada dan disiplin dalam menjaga kadar gula darah selama pandemi agar kondisinya sehat dan mencegah terjadinya komplikasi.

Halaman
123
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved