Breaking News:

Berita Sungailiat

Gelar Paripurna DPRD Bangka Sahkan Sejumlah Raperda

DPRD Kabupaten Bangka Sabtu, (28/11/2020) menggelar rapat paripurna pengesahan raperda perubahan RPJMD 2019-2023

Bangkapos.com/Ramandha
DPRD Kabupaten Bangka, sahkan raperda perubahan RPJMD 2019-2023, APBD tahun anggaran 2021 

BANGKAPOS.COM, BANGKA - DPRD Kabupaten Bangka Sabtu, (28/11/2020) menggelar rapat paripurna pengesahan raperda perubahan RPJMD 2019-2023, APBD tahun anggaran 2021 yang telah diusulkan sejak beberapa waktu lalu.

Satu persatu fraksi menyampaikan pendapat terakhir di dalam sidang pengesahan raperda yang kali ini dipimpin oleh Wakil Ketua DPRD Kabupaten Bangka, Mendra Kurniawan yang mewakili Ketua DPRD Kabupaten Bangka, Iskandar Sidi.

DPRD Kabupaten Bangka diketahui, telah menyatakan sepakat dan mengesahkan dua raperda yang telah dibahas sebelumnya, itu.

Baca juga: UPDATE 5 Orang Positif Corona di Kabupaten Bangka

Sementara itu, Bupati Bangka, Mulkan saat memberikan tanggapannya, terkait telah disahkannya kedua raperda tersebut mengatakan, sebelumnya pada Senin (16/11) lalu, telah disampaikan raperda APBD tahun anggaran 2021 kepada DPRD Kabupaten Bangka dan dibahas bersama antara tim anggaran pemerintah daerah (pemda) dengan Badan Anggaran Legislatif DPRD Kabupaten Bangka.

"Sehingga akhirnya pada hari ini Alhamdulillah, kami telah bersama-sama dapat menyetujui raperda ini," katanya.

Ia atas nama Pemkab Bangka, mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya atas segala daya dan upaya dalam pembahasan kedua regulasi terkait yang hingga akhirnya dapat diparipurnakan sesuai dengan ketentuan dan mekanisme yang berlaku. 

Hal ini juga dikatakannya, sebagai bentuk penyelarasan visi, misi dan kebijakan, di daerah. Dengan keberadaan raperda tentang perubahan atas peraturan daerah (Perda) Kabupaten Bangka Nomor 9 Tahun 2018, tentang rencana pembangunan jangka menengah daerah Kabupaten Bangka tahun 2019-2023 ini, diharapkan dapat meningkatkan kualitas program pembangunan dan menjamin sinergi, konsistensi dan keselarasan antara perencanaan pusat dan daerah.

Dalam upaya mencapai tujuan dan sasaran pembangunan nasional. Disebutkannya, regulasi yang telah disahkan itu, berlandaskan surat edaran menteri dalam negeri Nomor : 130/736/SJ tentang percepatan implementasi sistem informasi pemerintah daerah.

"Ini juga sebagaimana diamanatkan peraturan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Nomor 70 tahun 2019 tentang sistem informasi pemerintah daerah dan peraturan menteri dalam negeri (Permendagri) Nomor 20 tahun 2019 tentang klasifikasi, kodefikasi dan nomenklatur perencanaan pembangunan dan keuangan daerah.

Ia melanjutkan, poin-poin tersebut di atas, juga berselaras dengan peraturan presiden (perpres), Nomor 18 tahun 2019 tentang rencana pembangunan jangka menengah nasional 2020-2024 dan juga peraturan daerah (Perda) Provinsi Bangka Belitung Nomor 5 Tahun 2020 dan arahan tim evaluasi sakip Kabupaten Bangka. 

"Berangkat dari hal tersebut, kami harapkan dengan disahkannya perda perubahan terhadap dokumen RPJMD Kabupaten Bangka Tahun 2019-2023 dapat mengakomodir segala kepentingan pembangunan daerah, di Kabupaten Bangka," tutupnya.

(Bangka Pos/Ramandha)

Penulis: Ramandha
Editor: khamelia
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved