Breaking News:

Harga Sepiring Lobster di Amerika Serikat Capai Rp630 Ribu, Ini Kata Luhut Soal Kebijakan Benihnya

Kontroversi ekspor benih lobster kembali mencuat ke publik Komisi Pemberantasan Korupsi ( KPK) menangkap Menteri KKP Edhy Prabowo

net
Nelayan menangkap lobster-Harga Lobster siap saji cukup menggiurkan. Bisnis ini pun jadi lirikan para pebisnis hingga eksportir. Pasar utamanya adalah Amerika Serikat. Lantas apa kata Ad Menteri Kelautan Perkinan Luhut Binsar Pandjaitan terkait kebijakan pemerintah mengenai benih lobster? 

BANGKAPOS.COM - Harga Lobster siap saji cukup menggiurkan. Bisnis ini pun jadi lirikan para pebisnis seperti para eksportir. Pasar utamanya adalah Amerika Serikat. Lantas apa kata Ad Menteri Kelautan Perkinan Luhut Binsar Pandjaitan terkait kebijakan pemerintah mengenai benih lobster?

Seperti diketahui, ekspor lobster tengah jadi polemik di Indonesia.

Kontroversi ekspor benih lobster kembali mencuat ke publik setelah baru-baru ini Komisi Pemberantasan Korupsi ( KPK) menangkap Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo.

Penangkapan Edhy terkait dengan pengaturan tata niaga ekspor benih lobster yang sebelumnya dilarang oleh Menteri Kelautan dan Perikanan periode 2014-2019 Susi Pudjiastuti.

Edhy mencabut larangan ekspor benih lobster diatur dalam Peraturan Menteri (Permen) Nomor 56 Tahun 2016, tentang Larangan Penangkapan dan atau Pengeluaran Lobster, Kepiting, dan Rajungan dari Indonesia.

Di era Susi, ekspor lobster saat masih benih dinilai kurang menguntungkan, lantaran nelayan Indonesia bisa meraup lebih banyak uang jika lobster dijual sudah berukuran dewasa.

Lantas, berapa harga lobster di pasar dunia?

Melansir Business Insider, Sabtu (28/11/2020), harga lobster di pasaran dunia memang sangatlah mahal.

Di Amerika Serikat (AS) yang jadi negara yang permintaan lobsternya sangat tinggi di dunia, sepiring menu lobster yang beratnya 1 pound (0,5 kg) di restoran dihargai sekitar 45 dollar AS atau sekitar Rp 630.000 (kurs Rp 14.000).

Harga bisa jauh lebih tinggi tergantung lokasi restoran.

Halaman
1234
Editor: Dedy Qurniawan
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved