Breaking News:

Berita Pangkalpinang

Cegah Banjir saat Musim Hujan, Warga Kelurahan Opas Indah Gotong Royong Guna Jaga Lingkungan

 Warga Kelurahan Opas Indah, Kecamatan Taman Sari melakukan kerja bakti secara gotong royong, Minggu (29/11/2020)

Bangkapos.com/Rizky Irianda Pahlevy
Giat kerja bakti secara gotong royong warga RT.06, 07, dan 08 RW.02 Kelurahan Opas Indah, Minggu (29/11/2020). 

BANGKAPOS.COM , BANGKA --   Warga Kelurahan Opas Indah, Kecamatan Taman Sari melakukan kerja bakti secara gotong royong, Minggu (29/11/2020) untuk meningkatkan kebersihan dan menjaga keindahan Kota Pangkalpinang.

Hampir setiap perwakilan kepala keluarga maupun pemuda serta ibu-ibu, di lingkungan RT/RW seperti RT 06, 07 dan 08 di wilayah Rw 02 Opas Indah turun ke lapangan ikut untuk berpartisipasi.

Sasaran pembersihan seperti pembersihan sampah dan rumput, dilingkungan pemukiman warga termasuk membersihkan bandar dikanan dan kirin jalan Depati Barin Opas Indah. Selain itu melakukan pengerukan tumpukan pasir, lumpur dan sampah yang berada di dalam bandar.

Disaat kondisi intensitas hujan semakin sering dimusim penghujan saat ini, memang giat kerja bakti secara bergotong royong harus lebih ditingkatkan guna menjaga kebersihan sekaligus menghindar dari bencana seperti banjir.

Kerja bakti ini dikerahkan langsung oleh pengurus RT/RW setempat bersinergi dan didukung swadaya masyarakat, serta berbagai elemen masyarakat sekitar seperti pengurus mesjid As-Syukur Opas Indah, tokoh pemuda, tokoh agama, tokoh masyarakat, para pedagang Pujako, Pizza Hut, dan pihak Kelurahan Opas Indah.

Terlaksananya kegiatan ini berkat kesigapan dan proaktifnya pengurus RT/RW setempat, dalam mengajak dan mengerahkan warga untuk melakukan kerja bakti secara bergotong royong ini. 

Selain itu kegiatan ini tidak terlepas kolaborasi pengurus RT/RW setempat, dengan Lembaga Partisipasi Pengawas dan Pemerhati Pelayanan Publik Bangka Belitung (LP5 Babel) dan Kelurahan Opas Indah.

Ketua LP5 Babel, Jumli Jamaluddin didampingi Lurah Opas Indah, Juni, berharap kegiatan semacam ini mesti terus dilakukan secara rutin paling tidak sebulan sekali.

Bahkan Jumli Jamaluddin berharap dan menyarankan kepada Pemerintah Kota Pangkalpinang untuk menetapkan kegiatan gorong royong atau kerja bakti, sebagai program wajib dan rutin dilaksanakan ditingkat Kelurahan maupun Kecamatan se-kota Pangkalpinang.

"Program ini hendak perlu dilakukan secara wajib selain untuk menjaga maupun meningkatkan kebersihan dan keindahan lingkungan, tentunya juga sebagai bentuk implementasi selogan Kota Pangkalpinang beribu senyum tersebut, dan bisa berkolaborasi dengan pengurus RT/RW setempat, lembaga masyarakat, LPM, Karang Taruna, Komunitas, Kepemudaan, maupun Ormas yang ada diwilayah masing-masing tersebut," jelasJumli.

Tidak hanya sekedar meningkatkan kebersihan dan keindahan, melalui gotong royong juga tentunya memberikan manfaat guna menjaga kebersamaan yang ada dalam lingkungan masyarakat

"Salah satu cara untuk menumbuhkan kesadaran masyarakat untuk berperan aktif, menjaga kebersihan dan keindahan Kota Pangkalpinang. Dengan demikian masyarakat ikut berpartisipasi dalam membantu program Pemerintah Kota Pangkalpinang, untuk memiliki andil memajukan Kota Pangkalpinang," ungkapnya.

( Bangkapos.com / Rizky Irianda Pahlevy )

Penulis: Rizki Irianda Pahlevy
Editor: nurhayati
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved