Breaking News:

Otomotif

Harus Miliki Kualitas Mumpuni, Jangan Sembarangan Pilih Ban untuk Mobil Keluarga

Pemilik harus memilih ban dengan kualitas mumpuni dan sesuai dengan tipe kendaraannya.

tsikot.com
Ilustrasi ban mobil pecah 

BANGKAPOS.COM - Ban merupakan salah satu komponen penting pada mobil. Karet bundar tersebut diibaratkan sebagai alas kaki kendaraan bermotor, karena berinteraksi langsung dengan aspal atau kontur jalan.

Tidak hanya berfungsi untuk penyangga beban, ban juga mampu mempengaruhi gaya dorong, maksimalisasi daya cengkram saat pengereman, serta meredam getaran kendaraan dari permukaan jalan.

Menilik berbagai fungsi vital yang dimiliki, tak heran berbagai aspek berkendara, seperti performa, handling, dan kenyamanan, sangat berkaitan dengan ban.

Maka dari itu, dalam memilih ban mobil khususnya pada kendaraan keluarga tidak bisa dipandang sebelah mata.

Pemilik harus memilih ban dengan kualitas mumpuni dan sesuai dengan tipe kendaraannya.

Head of Corporate Communications dan Public Relations PT Bridgestone Tire Indonesia Arko Kanadianto menjelaskan, tipe ban untuk mobil penumpang secara umum terbagi atas dua jenis, yakni sport dan touring.

"Mobil sport dituntut untuk bisa dipacu sampai kecepatan tinggi dan memberikan sensasi berkendara yang berbeda. Oleh karena itu, mobil sport memerlukan ban dengan karakteristik serupa," katanya dalam keterangan tertulis belum lama ini.

Ban mobil sport, lanjut Arko, harus mampu memberikan initial steering response yang baik atau kecepatan ban untuk menyesuaikan arah kemudi kendaraan.

"Selain itu, jenis ban yang dipilih harus tetap stabil di jalan menikung. Jarak pengereman ban pun harus pendek, baik di permukaan basah maupun kering," imbuh Arko.

Sementara itu, kendaraan multi-purpose vehicle ( MPV) atau hatchback sebaiknya menggunakan ban touring karena mampu menawarkan pengalaman berkendara yang tenang dan tidak berisik.

"Di samping itu, Anda juga harus melihat kualitas ban mulai dari ukuran, garis ban atau telapak, sampai teknologi yang digunakan. Sebisa mungkin, pilih yang punya grip maksimal di kondisi basah maupun kering," ujar dia. (kompas.com)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Jangan Sembarangan Pilih Ban untuk Mobil Keluarga"

Editor: Ajie Gusti Prabowo
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved