Breaking News:

6 Hal Harus Diperhatikan saat Mendekorasi Rumah Bergaya Islami, Jangan Lupa Tips Ini

Memasuki bulan suci Ramadan, umat Muslim di seluruh dunia akan melakukan puasa selama satu bulan penuh.

idea
6 Hal yang Mesti Diketahui Saat Percantik Rumah untuk Bulan Puasa dan Lebaran 

BANGKAPOS.COM -Aktivitas agama ini tentunya membutuhkan ketenangan dan kekhusyukan. Dekorasi menjadi salah satu faktor penentu suasana sebuah rumah. Apakah tampak tenang atau malah tampak bising?

Bila Anda ingin mendekor ulang rumah menjelang bulan suci , bagaimana jika Anda mendekorasi dengan gaya rumah Muslim.

Ada 6 hal yang harus Anda ketahui sebelum mendekorasi rumah Muslim. Berikut ulasannya.

1. Islam penuh kesederhanaan.

Islam adalah agama yang mendorong kesederhanaan, tetapi bukan berarti bahwa rumah harus terlihat hambar. Demikian juga, rumah muslim harus dihiasi dengan cinta tetapi tidak harus "meneriakkan" kekayaan dan kesombongan. Anda bisa mengusung desain yang tampak sederhana di beberapa ruang dalam rumah.

2. Hias dengan kaligrafi Islam.

 Peraturan yang harus Anda pertimbangkan ketika mendekorasi rumah Muslim adalah jangan menyertakan benda-benda figuratif. Maksudnya, tidak ada furnitur atau aksesoris dengan bentuk manusia atau hewan, serta tidak ada patung yang berdiri bebas atau tokoh hewan. Sebagai penggantinya, Anda bisa menghiasi rumah dengan karya seni kaligrafi islam.

3. Warna hijau sebagai warna muslim

Untuk suasana ketenangan, Anda bisa memilih warna putih atau coklat untuk cat rumah Anda. Warna putih melambangkan kesucian dan coklat memberikan suasana hangat dan mengundang. Ini hanya masalah preferensi dan tidak ada hubungannnya dengan Islam. Kalau masyarakat Muslim sendiri menganggap warna hijau sebagai warna muslim karena disebutkan dalam Alquran (Surah 76:21).

4. Ruangan tepat untuk salat

Umat Muslim melalukan salat lima waktu dan harus menghadap kakbah. Oleh karena itu, Anda harus mendesain sebuah ruangan untuk tempat salat. Dalam merancang ruang untuk salat, beberapa hal yang harus diingat bahwa jangan berada dalam jalur lalu lintas, jangan menghadap kamar mandi, dan harus jauh dari area TV dan area bermain anak-anak.

5. Tirai berpola geometris Islam

 Privasi adalah faktor penting dalam sebuah rumah Muslim sehingga model jendela yang memungkinkan cahaya dapat menembus masuk dapat memberikan privasi bagi anggota keluarga. Jendela dapat Anda dekorasi dengan tirai yang berpola geometris Islam yang menambah getaran nuansa Islam untuk desain ruangan.

6. Ruang kelurga dengan dudukan rendah

 Beberapa umat Muslim lebih memilih duduk di lantai atau kursi dengan dudukan rendah karena mengikuti sunnah Nabi Muhammad S.A.W. Jika Anda juga ingin mengikuti hal ini, hal sederhana yang dapat Anda lakukan adalah mengatur sejumlah kasur di sekeliling ruang yang langsung menyentuh lantai atau ditopang dengan papan kayu. (*)

Editor: M Zulkodri
Sumber: Idea
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved