Breaking News:

Berita Pangkalpinang

Rika Komarina Berharap Masyarakat Bisa Saling Jaga Lingkungan

Dinas Sosial Kota Pangkalpinang menggelar Acara Gotong Royong Potensi dan Sumber Kesejahteraan Sosial (PSKS) dalam rangka peringatan Hari..

bangkapos.com/rizki irianda
Dinas Sosial Kota Pangkalpinang menggelar gotong royong di pantai Pasir Padi, Kota Pangkalpinang, Jum'at (04/12/2020). 

BANGKAPOS.COM , BANGKA - Dinas Sosial Kota Pangkalpinang menggelar Acara Gotong Royong Potensi dan Sumber Kesejahteraan Sosial (PSKS) dalam rangka peringatan Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional (HKSN). Kegiatan dilaksanakan  di Pantai Pasirpadi, Jumat (4/12/2020).

Sekitar 350 peserta gotong royong terlibat di lokasi ini. Mereka antara lain, PSMTKSK, Pegawai Dinsos  Pangkalpinang, Tagana Pangkalpinang, RT/RW serta PKK Kelurahan Temberan dilibatkan dalam kegiatan itu.

Berbagai perlengkapan kebersihan seperti sapu lidi, cikrak hingga plastik sampah, dipergunakan guna menyusuri sampah disepanjang pantai Pasir Padi.

"Hari ini kegiatan dalam rangka peringatan HKSN jadi kita menginisiasi pada saat Covid-19 seperti ini, kita menginisiasi untuk melakukan kegiatan yang bermanfaat seperti gotong royong ini. Untuk kegiatan sosial memang gotong royong selalu dilaksanakan, selain gotong-royong juga merupakan akar perjuangan kita," ujar Kepala Dinsos Kota Pangkalpinang, Rika Komarina.

Selain itu pemilihan pantai Pasir Padi juga dipilih, karena objek wisata pantai Pasirpadi yang ada di Kota Pangkalpinang juga masuk dalam kawasan Kampung Siaga Bencana.

"Ini salah satu destinasi kunjungan wisata daerah yang dimiliki Kota Pangkalpinang, kalau yang lainkan ada di tengah kota. Otomatis perhatian masyarakat dan petugas juga banyak, kalau dipantaikan walaupun petugas ada tapi dampak dari sampah bawaan air atau sebagainya mungkin jadi banyak sampah," jelasnya.

"Ini juga merupakan salah satu kampung siaga bencana, biasanya memang kampung siaga bencana ini memamg dikeroyok untuk gotong royong bukan hanya pada saat momen tertentu. Namun pada saat waktu seperti memasuki musim hujan, memang selalu dilakukan Pemkot untuk gotong royong," tambahnya.

Dengan adanya gotong royong, Rika berharap masyarakat dapat lebih menjaga lingkungan yang dapat dimulai dari hal sederhana yakni dimulai dari rumah.

"Harapan masyarakat bersama Pemerintah dan masyarakat dapat menjaga lingkungan minimal di halaman masing-masing, karena insyaallah itu akan berlanjut dan tentunya harus saling mengingatkan akan kebersihan lingkungan sekitar," katanya.

Sementara itu Kadinsos Kota Pangkalpinang ini juga mengatakan, pihaknya memiliki berbagai rencana kegiatan sosial yang tentunya dapat langsung dirasakan oleh masyarakat.

"Untuk HKSN bukan hanya gotong royong, karena kegiatan sosial ini banyak. Mungkin kedepan kita akan berkolaborasi dengan swasta, mungkin akan mengajukan untuk alat bantu, kegiatan jalan santai atau donor darah. Mudah-mudahan ini didukung oleh pemerintah dan Dinsos akan menganggarkan untuk HKSN tidak hanya seremonial, tapi realnya apa yang bisa kita berikan kepada masyarakat," katanya. (Bangkapos.com/Rizky Irianda Pahlevy)

Penulis: Rizki Irianda Pahlevy
Editor: Fery Laskari
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved