Breaking News:

WIKI BANGKA

Kisah Ketua PWNU Termuda KH A Ja' far , Berjuang Bangun Pondok Pesantren Hingga Sukses Berbisnis

KH A Ja'far Shidiq ternyata tidak hanya dikenal sebagai sosok pengasuh para santri di Pondok Pesantren Hidayatussalikin Pangkalpinang.

Ist/KH A Ja'far
Ketua PWNU Babel sekaligus Pimpinan Ponpes Hidayatussalikin, KH A Ja'far Shidiq 

BANGKAPOS.COM , BANGKA -- KH A Ja'far Shidiq ternyata tidak hanya dikenal sebagai sosok pengasuh para santri di Pondok Pesantren Hidayatussalikin Pangkalpinang.

Pasalnya, pria yang lahir dari keluarga pesantren ini memiliki segudang pengalaman yang luar biasa.

Mulai dari berceramah dari negeri satu ke negeri yang lain. Sebut saja beberapa negara di Eropa, Belanda, Australia, Swiss, Hongkong, Turki, dan Mekkah.

Waktu itu, rute perjalanan menghabiskan waktu sekitar dua bulan dalam berceramah menyampaikan tentang kebangsaan, terutama rasa syukur menjadi orang Indonesia.

Apalagi sumberdaya alam yang luar biasa kerap kali disanjung oleh pimpinan ponpes ini.

"Saya lebih suka ceramah tentang kebangsaan karena di sana bagaimana Islam Rahmatan Lil 'Alamin itu dikedepankan oleh ulama-ulama kita, ulama yang santun, ketika menyampaikan tidak perlu mencaci maki dan saling menghargai. Sehingga tradisi di Indonesia tidak ditemukan di negara lain," ungkap KH Ja'far, Jumat (27/11/2020).

Dikisahkan ayah tiga anak ini pula, pada tahun 2009 adalah mulai dirinya dan istri merantau ke Pulau Bangka untuk berdakwah.

"Saya mulai dakwah, saya ketemu KH Usman Fathan yang merupakan tokoh agama kita, waktu itu beliau adalah badan pendiri yayasan ini," kata KH Ja'far.

Diakui Ketua PWNU termuda di Indonesia saat ini, waktu itu yayasan ponpes ini sempat mati, dan dititipkanlah yayasan tersebut  pada dirinya.

KH Ja'far berusaha ke sana kemari menuju berbagai daerah di Bangka Belitung untuk mencari santri.

Halaman
12
Penulis: Cici Nasya Nita
Editor: nurhayati
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved