Breaking News:

Berita Sungailiat

Musim Angin Utara Sudah Dimulai, Nelayan Diminta Hati-hati Turun Melaut

Musim angin kencang dan arus kencang atau biasa disebut musim angin utara memasuki bulan Desember hingga Januari

Penulis: edwardi | Editor: nurhayati
Bangkapos.com/Edwardi
Perahu nelayan ukuran kecil saat ini banyak yang tidak berani melaut karena kondisi cuaca angin Utara. 

BANGKAPOS.COM , BANGKA -- Musim angin kencang dan arus kencang atau biasa disebut musim angin utara memasuki bulan Desember hingga Januari mulai melanda perairan laut Kecamatan Sungailiat Kabupaten Bangka, karena itu para nelayan diharapkan lebih berhati-hati saat turun melaut.

"Beberapa hari terakhir ini sudah mulai sering turun secara tiba-tiba angin Utara pak, kecepatannya tiupan angin, arus dan gelombangnya cukup tinggi sehingga nelayan yang menggunakan perahu kecil harus berhati-hati bila perlu jangan turun dulu melaut," kata Kadir, nelayan Lingkungan Parit Pekir Kelurahan Sungailiat Kecamatan Sungailiat Kabupaten Bangka, Sabtu (05/12/2020).

Apalagi saat ini air laut juga sedang pasang besar atau pasang tertinggi, ditambah lagi cuaca tiba-tiba sering turun hujan disertai angin kencang, sehingga hanya perahu  ukuran besar saja yang mampu mengatasi cuaca ekstrim saat ini.

"Untuk keselamatan nelayan saat ini memilih banyak tidak turun melaut karena khawatir terkena angin Utara ini, perahu saya saja naikkan ke darat untuk diperbaiki," ungkap Kadir yang sedang istirahat sambil bermain gaple bersama rekan-rekannya di warung samping pabrik es PPN Sungailiat.

Diakuinya memang saat ini masih banyak juga nelayan yang memberanikan diri turun melaut, namun ketika mereka melihat ada tanda-tanda akan turun angin Utara maka harus cepat-cepat berlindung ke daratan terdekat atau di balik kapal keruk atau kapal isap terdekat.

"Saat ini banyak teman-teman yang berlindung di daratan Pantai Tuing saat bakal turun angin Utara, mereka harus cepat-cepat berlindung, kondisi cuaca jangan dilawan," kata Kadir.

( Bangkapos.com / Edwardi )

Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved