Breaking News:

Berita Pangkalpinang

BST Kemensos Selesai Diberikan, BST dari Pemprov Bangka Belitung untuk 13.273 KK Penerima Bantuan

Akhiriyadi DB Susilo mengatakan, untuk bantuan sosial tunai (BST) dari Kementerian Sosial telah diberikan hingga tahap sembilan yang selesai Desember.

Penulis: Andini Dwi Hasanah | Editor: nurhayati
Diskominfo Babel
Bantuan Sosial Tunai (BST) sebagai respon positif Pemprov. Babel 

BANGKAPOS.COM , BANGKA -- Kabid Penanganan Fakir Miskin Dinas Sosial Pemprov Bangka Belitung, Akhiriyadi DB Susilo mengatakan, untuk bantuan sosial tunai (BST) dari Kementerian Sosial telah diberikan hingga tahap sembilan yang selesai Desember 2020 ini.

"Direktorat Jenderal Penanganan Fakir Miskin BST 300.000 per bulan, untuk terdampak Covid-19. Ini sudah tahap sembilan, mulai April, gelombang pertama untuk tiga bulan, April, Mei, Juni, besaran Rp 600 ribu per bulan. Kemudian gelombang kedua, Juli hingga Desember, besaran Rp 300.000 sebulan, sudah selesai, dikirimkan melalui kantor pos," jelas Akhiriyadi kepada Bangkapos.com, Senin (7/12/2020).

Menurutnya BST dari Kemensos bermilai Rp 300.000 perbulan, diberikan berbentuk tunai diberikan untuk keluarga penerima manfaat.

"Disalurkan melalui kantor pos, kemudian wacana pusat berdasarkan rapat koordinasi di Jogya, tercetus, karena ada rencana pandemi belum berakhir. Bakal dibantu tahun depan untuk enam bulan pertama, Januari sampai Juni. Tapi wacana besaran cuman Rp 200.000 per bulan, tetapi praktek lapangan tidak tahu, karena kebijakan pusat," jelas Akhiriyadi.

Dia menjelaskan, bantuan sosial tunai, yang diberikan dari Kemensos sudah selesai diberikan pada Desember, sementara BST untuk 50 KK per Desa/Kelurahan dari Pemprov Babel masih berjalan.

"Ini sudah selesai terkait BST dari kemensos,  sementara sekarang sedang penyaluran Rp 300.000 untuk sebulan dari APBD provinsi yang masih bertahap. Besok gubernur akan menyerahkan di Kampung Dul, tetapi rencana hari ini ada agenda lain, sehingga diundur ada dua tempat di Kampung Dul dan di kantor Desa Pangkalan Bulu Kecamatan Payung," kata Akhiriyadi.

Ia menjelaskan bantuan BST dari Pemprov Babel akan diberikan, ke 13.273 KK berdasarkan Surat Keterangan (SK) Gubernur Babel, sesuai syarat penerima di luar penerima BLT Kemensos, PKH dan BTL Dana Desa.  (

( Bangkapos.com / Riki Pratama )

Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved