Breaking News:

Berita Pangkalpinang

Sikapi Kedatangan DPR RI, Berbagai Elemen Bentuk Forum Masyarakat Cinta Kepulauan Bangka Belitung

Sejumlah pentolan berbagai elemen masyarakat membentuk Forum Masyarakat Cinta Kepulauan Bangka Belitung

Bangkapos.com/Deddy Marjaya
Pertemuan Forum Masyarakat Cinta Kepulauan Bangka Belitung membahas rencana untuk menemui Komisi IV DPR RI soal pertambangan di Bangka Belitung Senin (7/11/2020) di Kongjie Pangkalpinang. 

BANGKAPOS.COM , BANGKA -- Sejumlah pentolan berbagai elemen masyarakat membentuk Forum Masyarakat Cinta Kepulauan Bangka Belitung sebagai reaksi kedatangan sejumlah anggota Komisi IV DPRD RI dipimpin oleh Wakil Ketua Komisi IV DPR RI Dedi Mulyadi.

Menyikapi kedatangan Dedi Mulyadi tersebut, Inisiator Forum Masyarakat Cinta Kepulauan Bangka Belitung Johan Murod (7/12/2020) meminta agar permasalah pertambangan timah ini bisa diselesaikan tanpa menimbulkan masalah baru.

"Kemarin Anggota Komisi IV DPR RI hadir menyelesaikan masalah dengan menimbulkan masalah yang kita inginkan ayo selesaikan masalah tanpa ada masalah baru ini sebagai reaksi," kata Johan Murod.

Johan Murod mengatakan bahwa Anggota Komisi IV DPR yang datang melihat pertambangan di Bangka Belitung hanya secara parsial tanpa melihat secara komprehensif.

Forum Cinta Kepulauan Bangka Belitung ini membahas permasalahan pertambangan secara komprehensif bahkan apa yang terjadi kedepan. Kalau tambang di Bangka Belitung ditutup menurut Johan Murod maka yang terjadi adalah perekonomian akan hancur.

"Termasuk ikan nelayan siapa yang beli, hasil kebun siapa yang beli, kue, pempek, UMKM siapa yang beli kalau masyrakat di Bangka Belitung tidak ada lagi pemasukan atau pekerjaan maka akan seperti di Somalia atau jaman Sriwijaya dulu yang jadi perompak dan sebagainya,"  ungkap Johan Murod 

Saat ini menurut Johan Murod kondisi masyarakat sudah sejahtera jangan diganggu lagi. Soal kerusakkan lingkungan bisa diperbaiki.

Contohnya PT Timah menambang dilaut sudah ada Amdal begitu juga didapat sudah ada amdal. Memang perlu diakui reklamasi PT Timah didarat perlu dikomunikasikan.

Untuk d ilaut perlu ditingkatkan menenggelamkan rumpon dan terumbu karang buatan. Bahkan dibekas penambangan laut banyak ikan berkumpul seperti ikan duri dan ikan bawal hitam yang merupakan ikan kualitas ekspor dan ikan lainnya.

"Maka dari itu Forum Masyarakat Cinta Kepulauan Bangka Belitung akan menemui dan presentasi ke Komisi IV DPR RI," kata Johan Murod 

Halaman
12
Penulis: deddy_marjaya
Editor: nurhayati
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved