Breaking News:

Bangka Barat Keren, Punya Mobil PCR Hasil Swab Keluar Hanya Hitungan Jam

Bupati Bangka Barat Markus SH melaunching mobil fast lab polymerase chain reaction (PCR) atau mobile combat PCR untuk melakukan tes

Stefan Lopis (Diskominfo Bangka Barat)
Bupati Markus didampingi sejumlah pejabat melakukan prosesi pemotongan pita menandai resmi beroperasinya mobile combat PCR di Bangka Barat. 

Bangkapos.com - Bupati Bangka Barat Markus SH melaunching mobil fast lab polymerase chain reaction (PCR) atau mobile combat PCR untuk melakukan tes swab dalam rangka mempercepat penanganan pandemi Covid-19 di daerah itu, Senin (7/12/2020).

Mobil yang dilengkapi dua peralatan atau mesin PCR ditambah alat pemrosesnya itu mampu mendeteksi hasil swab dalam waktu singkat, lebih kurang dua jam sejak pengambilan sampel.

Bupati Markus menyebut keberadaan mobil PCR yang menjadi satu-satunya di Bangka Belitung ini sangat penting dan dinanti-nanti karena bisa membantu mendeteksi pasien terpapar Covid-19 lebih cepat.

Kasdim 0431/BB Mayor Inf Guru Singa mengikuti tes swab dari mobil PCR milik Pemkab Bangka Barat, Senin siang.
Kasdim 0431/BB Mayor Inf Guru Singa mengikuti tes swab dari mobil PCR milik Pemkab Bangka Barat, Senin siang. (Ist)

"Selama ini di Bangka Barat, setiap orang yang setelah ditelusuri punya riwayat kontak erat dengan pasien covid 19 dilakukan pemeriksaan dini (testing) yang kemudian sampelnya dikirim ke Labkesda Provinsi dengan memakan waktu lama dan biaya karena waktu tunggu dan antrian pemeriksaan hasil swab bervariasi. Tentu ini tidak efektif sehingga Pemkab Bangka Barat melakukan terobosan dengan pengadaan mobile combat PCR Covid-19 untuk mendukung pengujian sampel di lapangan dengan metode PCR," kata Markus di Muntok.

Lebih lanjut, disampaikan Markus, pengadaan mobil PCR ini menggunakan dana insentif daerah (DID) yang disalurkan pemerintah pusat ke Bangka Barat sebagai apresiasi terkendalinya Covid-19 yang membuat Bangka Barat sempat berada di zona hijau beberapa waktu lalu.

Markus berharap keberadaan mobil PCR ini mampu mempercepat pemeriksaan swab dan pengujian secara masif di Bangka Barat.

Pemberian kenang-kenangan kepada Bupati Bangka Barat Markus.
Pemberian kenang-kenangan kepada Bupati Bangka Barat Markus. (Ist)

"Apalagi dalam sekali pemeriksaan dapat memeriksa 8 sampel dikali dua mesin artinya ada 16 sampel dengan waktu pemeriksaan 1-2 jam sudah bisa diketahui hasilnya," ujar Markus.

Markus lantas meminta RSUD Sejiran Setason yang diberi kepercayaan penuh mengoperasikan mobil PCR ini agar dapat digunakan sebaik mungkin demi kepentingan masyarakat Bangka Barat.

Turut hadir dalam launching mobil combat PCR ini Pj Sekda Hartono, Danposal TNI AL Muntok Kapten Laut Yuli Prabowo, Kasdim 0431 Bangka Barat Mayor Inf. Guru Singa, Plt Dirut RSUD Sejiran Setason dr Hendra, serta sejumlah Kepala OPD. (*)

Editor: fitriadi
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved