Breaking News:

Berita Pangkalpinang

Berhasil Ungkap Sabu 211 Kilogram, Mabes Polri Hadiahi Polda Bangka Belitung Anjing Pelacak Narkoba

Mabes Polri mengapresiasi keberhasilan Dit Narkoba Polda Kepulauan Bangka Belitung yang berhasil mengungkap 211,2 narkoba

Bangkapos.com/Deddy Marjaya
Anjing K9 khusus narkoba bantuan Mabes Polri untuk Polda Kepulauan Bangka Belitung menunjukan kemampuannya dihadapan Kapolda Irjen Pol Anang Syarif Hidayat Selasa (8/12/2020) 

BANGKAPOS.COM , BANGKA -- Mabes Polri mengapresiasi keberhasilan Dit Narkoba Polda Kepulauan Bangka Belitung yang berhasil mengungkap 211,2 narkoba jenis sabu asal Myanmar.

Untuk meningkatkan kinerja Polda Bangka Belitung, Mabes Polri memberikan bantuan 2 Anjing K9 dalam upaya pengungkapan narkoba.

Anjing K9 ini bernama Grant berjenis kelamin jantan dan Lia berjenis Kelamin betina.

"Jadi dua anjing K9 ini dengan keahlian dalam satunya bisa mengendus narkoba diberikan Mabes Polri sebagai apresiasi pengungkapan narkoba jenis sabu sebanyak 212,2 kg beberapa waktu lalu," kata Kapolda Kepulauan Bangka Belitung Irjen Pol Anang Syarif Hidayat Selasa (8/12/2020) saat menyaksikan langsung keahlian 2 anjing K9 tersebut di Halaman Polda Kepulauan Bangka Belitung.

Dalam peragaan kedua anjing tersebut memperlihatkan keahliannya dengan dikawal pasangan dalam mengendus narkoba diberbagai tempat.

Dua ekor anjing bantuan Mabes Polri saat ini dibawah naungan Unit K9 Dit Samapta Polda Kepulauan Bangka Belitung.

Anjing K9 memiliki kemampuan khusus yakni mencium dan mengendus narkoba.

Anjing Bernama Grant yang berjenis kelamin jantan berumur 1 tahun merupakan anjing jenis Sherperd Dutch asal Belanda.

Sementara anjing bernama Lia berjenis kelamin betina merupakan anjing jenis Belgian Mallinois asal Hungaria.

Sebelumnya menuruti Irjen Pol Anang Syarif Hidayat kedua anjing ini merupakan milik Direktorat Satwa Shabara Polri. Kedua anjing ini merupakan anjing pelacak khusus

"Jadi nantinya saat operasi narkoba seperti ke tempat hiburan, pelabuhan, bandara dan lainnya akan dikerahkan sehngga memaksimalkan hasil yang didapat guna mencari barang bukti narkoba serta tempat yang dicurigai," kata Anang Syarif Hidayat 

Seperti diketahui Dit Narkoba Polda Kepulauan Bangka Belitung berkerja sama dengan Bareskrim Polri berhasil mengungkap pengiriman sebanyak 211,2 kg sabu asal Myanmar pada akhir bulan Juli 2020 lalu.

Narkoba tersebut masuk dari Malaysia menuju Batam dan transit di Pangkalpinang sebelum dikirim ulang ke Jakarta melalui ekspedisi. Ini merupakan pengungkapan terbesar diwilayah hukum Polda Kepulauan Bangka Belitung. Diperkirakan nilai pasaran harga sabu yang diungkap mencapai lebih dari Rp 200 miliar.

( Bangkapos.com / Deddy Marjaya )

Penulis: deddy_marjaya
Editor: nurhayati
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved