Breaking News:

Berita Sungailiat

Cuaca Ekstrem Sudah 3 Perahu Nelayan Alami Kecelakaan, HNSI Bangka Keluarkan 11 Imbauan

Kondisi anomali cuaca ekstrim dan musim angin Utara yang terjadi saat ini harus disikapi secara serius bagi seluruh nelayan di perairan laut

Penulis: edwardi | Editor: nurhayati
Bangkapos/Edwardi
Perahu nelayan saat bersandar di Tempat Pendaratan Ikan (TPI) Sungailiat 

BANGKAPOS.COM , BANGKA -- Kondisi anomali cuaca ekstrim dan musim angin Utara yang terjadi saat ini harus disikapi secara serius bagi seluruh nelayan di perairan laut Kabupaten Bangka Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Hal ini dikatakan Lukman, Ketua DPC HNSI Kabupaten Bangka kepada Bangkapos.com, Selasa (8/12/2020).

Diungkapkannya, DPC HNSI Kabupaten Bangka mencatat kecelakaan laut yang menimpa para nelayan ada 3 kejadian  terjadi sepanjang bulan November hingga Desember 2020, yaitu :

1. Laka laut akibat kebakaran nelayan kecil (katir/kolek) mesin luar warga  lingkungan Nelayan Sungailiat.

2. Laka laut akibat kebakaran menimpa nelayan pancing mesin dalam warga lingkungan Kampung Baru Sungailiat.

3. Laka laut tenggelamnya kapal nelayan pancing Sungailiat akibat cuaca ekstrim di perairan laut Bangka karena kondisi anomali cuaca perubahan siklus arah mata angin dari tenggara ke arah Utara.

"Meskipun tidak menimbulkan korban kehilangan nyawa, peristiwa ini patut menjadi perhatian bagi para nelayan di perairan laut Bangka khususnya yang dipengaruhi siklus angin Utara untuk meningkatkan kewaspadaan dan kehati-hatian untuk mencari nafkah di laut," kata Lukman yang baru terpilih menjadi Ketua HNSI Kabupaten Bangka ini.

Baca juga: Musim Angin Utara Sudah Dimulai, Nelayan Diminta Hati-hati Turun Melaut

Baca juga: Nelayan Kater Berhasil Diselamatkan Tim SAR Gabungan saat Berombang-ambing di Laut Siadong

Kapal nelayan penangkapan ikan KM Sanjaya 3 mengalami musibah kebakaran di bagian buritan dan rumah kapal pada saat ujicoba melaut pada hari Senin (23/11/2020) malam sekitar pukul 21.00 WIB di perairan Karang 9 Kecamatan Sungailiat Kabupaten Bangka
Kapal nelayan penangkapan ikan KM Sanjaya 3 mengalami musibah kebakaran di bagian buritan dan rumah kapal pada saat ujicoba melaut pada hari Senin (23/11/2020) malam sekitar pukul 21.00 WIB di perairan Karang 9 Kecamatan Sungailiat Kabupaten Bangka (Bangkapos.com/Edwardi)

Baca juga: Kapal Nelayan KM Sanjaya 3 Terbakar di Tengah Laut Karena Korsleting Mesin Genset (VIDEO)

Baca juga: BREAKING NEWS Para Nelayan Kembali Demo Usir KIP dari Pantai Matras , Emak-emak Rela Tak Masak

Diungkapkannya,  kerugian materi akibat kebakaran kapal dan rusaknya kapal tentunya menambah rentetan panjang kesulitan ekonomi bagi nelayan, ketika kapal dan peralatan tangkap seketika tidak lagi dapat digunakan. 

"Kehilangan mata pencaharian dan pekerjaan bahkan resiko kehilangan nyawa mengintai nelayan, profesi penangkap ikan menjadi perhitungan resiko bagi para nelayan yang memaksakan diri untuk tetap melaut," beber Lukman.

Untuk itu, sebagai bentuk simpati terhadap seluruh nelayan, menjadi penting bagi DPC HNSI Kabupaten Bangka menyampaikan kepada seluruh nelayan di perairan laut Kabupaten Bangka, baik nelayan yang telah terhimpun di HNSI ataupun belum terhimpun agar memastikan beberapa hal.

Halaman
123
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved