Breaking News:

Berita Pangkalpinang

H-1 Pilkada di Tengah Pandemi, KPU Bangka Belitung Targetkan Logistik dan APD Sampai di 1.458 TPS

Divisi  Teknis Penyelenggaraan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Bangka Belitung, Pudjiarti menargetkan pada hari in

Ist/Pudjiarti
Distribusi Logistik pihak KPU ke Pulau kecil di Belitung 

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Divisi  Teknis Penyelenggaraan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Bangka Belitung, Pudjiarti menargetkan pada hari ini, Selasa ( 8/12/2020) atau H-1 menjelang Pilkada 2020, logistik sudah sampai di 1.458 TPS di Bangka Belitung.

Adapun jumlah TPS Pilkada di kabupaten Bangka Barat sebanyak 400 TPS, kabupaten Belitung Timur sebayak 247 TPS, kabupaten Bangka Selatan 428 TPS dan kabupaten Bangka Tengah 383 TPS.

"Hari ini terakhir distribusi logistik dari KPU ke TPS, jadi hari ini harus menerima semua logistik, baik di dalam kotak maupun di luar kotak," kata Pudjiarti, Selasa (8/12/2020).

Di tengah pandemi covid-19, logistik pilkada 2020 dibagi dua kategori di dalam kotak dan di luar kota.

Di dalam kotak meliputi formulir, kotak suara dan daftar pasangan calon.

Di luar kotak itu Alat Pelindung Diri (APD) meliputi baju hazmat untuk satu TPS, hand sanitizer, masker, serta sarung tangan untuk Kelompok Penyeleniggara Pemungutan Suara (KPPS) dan calon pemilih.

"Hari ini sudah sampai, sudah diterima dan sudah dibuat tempat pemungutan suaranya. Distribusi kalau yang pulau-pulau terjauh seperti di Belitung Timur dan Bangka Selatan sudah H-3 atau tanggal 6 Desember 2020 yang lalu. Kalau pulau sudah terima, hari ini distribusi yang di darat," jelas Pudjiarti.

Terkait pelaksanaan, KPU Kabupaten sudah menjalin kerjasama dengan Satgas Covid-19 Kabupaten.

"Bila terjadi sesuatu pada pemilih, KPU sudah koordinasi dengan Satgas Covid-19, pihak satgas juga akan menurunkan tim medis pada setiap zonasi dan jumlahnya sudah disiapkan. Misal ada pemilih yang pingsan akan segera menghubungi satgas dan akan dibantu penangangannya," kata Pudjiarti.

Bahkan KPPS Pilkada 2020 sudah dilakukan rapid test dengan hasil non reaktif, dan dijamin keamanan dalam penyelenggaraan pemungutan suara di TPS.

"Diminta kepada seluruh masyarakat yang telah terdaftar sebagai pemilih, jangan takut datang ke TPS. Tetap memilih, ikuti protokol kesehatan yang berlaku tetap mengenakan sarung tangan, menggunakan masker sesuai prosedur. Jangan khawatir karena pelaksanaan sudah sesuai dengan prokes. Selama patuh baik KPPS, pemilih dan penyelenggara yang lain, InsyaAllah kita terhindar dari Covid-19," imbau Pudjiarti.

( Bangkapos.com / Cici Nasya Nita )

Penulis: Cici Nasya Nita
Editor: nurhayati
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved