Breaking News:

Pilkada Bangka Barat

Masuk Masa Tenang, APK Bersih dan Akun Medsos Resmi Paslon Pilkada Bangka Barat Nonaktif

Bawaslu Kabupaten Bangka Barat telah menertibkan Alat Peraga Kampanye (APK) para paslon yang terpampang sejak tahapan kampanye Pilkada

Bangka Pos / Anthoni Ramli
Ketua Bawaslu Kabupaten Bangka Barat, Rio Febri Pahlevi 

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Bawaslu Kabupaten Bangka Barat telah menertibkan Alat Peraga Kampanye (APK) para paslon yang terpampang sejak tahapan kampanye Pilkada Bangka Barat 2020.

Namun di sejumlah titik masih tersisa atribut Parpol pendukung seperti bendera yang bukan bagian dari APK.

"APK sampai pematauan kemarin sudah selesai, yang ada cuma atribut parpol pendukung yaitu bendera. Bendera itu bukan bagian daripada APK kan. Kawan-kawan dari LSM, itu ada baleho atau spanduk terkait dengan himbauan money politik. Itu ranahnya Pol PP jadi bukan Bawaslu," ujar Ketua Bawaslu Kabupaten Bangka Barat
Rio Febri Fahlevi, di Kantor KPU Bangka Barat, Selasa (8/12/2020)

Terkait keberadaan baleho, Bawaslu mengidentifikasikan bukan bagian dari APK. Kemungkinan pihak Sat Pol PP melihat itu dari segi estetika dan aturan aturan dalam Peraturan Derah (Perda)

"Ya sudah konfirmasi penertiban kemarin sama Pak Heri, itu adalah pertanggung jawaban dari Pol PP.
Hasil penyisiran kemarin saya sendiri muter di enam kecamatan hasil pemantauan kita bersih," bebernya.

Tak hanya menyisir APK yang terpampang di sejumlah titik jalan, namun Bawaslu juga memantau akun resmi para paslon yang terdaftar di KPU.

Sedangkan di luar akun resmi menjadi kewenangan tim cyber crime.

"Di medsos akun-akun resmi kita pantau juga sudah tidak ada yang terdaftar di KPU. Kalau di luar itu ranahnya cyber crime karena memang kewajiban dari Bawaslu sendiri memantau akun-akun resmi yang ada yang terdaftar di KPU," bebernya.

Rio menilai Pilkada tahun ini para paslon dan timsesnya lebih tertib. Bahkan sehari sebelum memasuki masa tenang, seluruh APK dan akun resmi medsos sudah mereka nonaktifkan.

"Alhamdulillah paslon yang sekarang termasuk tertib, malah untuk APK dan akun-akun itu satu hari sebelumnya sudah selesai. Jadi kita pas penertiban ketemu kawan-kawan timses itu sudah melakukan penertiban sendiri," pujinya.

Halaman
12
Penulis: Antoni Ramli
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved