Breaking News:

Pilkada 2020

Pasien Covid-19 Bisa Menggunakan Hak Suara di Pilkada

Ketua KPU Bangka Belirung, Davitri mengatakan, para pemilih yang menjalani proses karantina akan tetap mencoblos dan dilayani oleh petugas TPS terdeka

bangkapos.com/deddy marjaya
Davitri, Ketua KPU Bangka Belitung. 

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Apakah para pasien Covid-19 kehilangan hak pilihnya? bagaimana mekanisme pemungutan suara saat pandemi berlangsung.

Ketua KPU Bangka Belirung, Davitri mengatakan, para pemilih yang menjalani proses karantina akan tetap mencoblos dan dilayani oleh petugas TPS terdekat.

"Mereka bisa menggunakan hak pilih dan dilayani oleh petugas di TPS terdekat," kata Davitri kepada bangkapos.com, Selasa (8/12/2020)

Davitri mengatakan pemilih yang terdaftar dalam DPPh merupakan pemilih yang karena keadaan tertentu tidak dapat menggunakan haknya untuk memilih di TPS tempat yang bersangkutan terdaftar dan memberikan saura di TPS lain di provinsi dan atau kabupaten kota yang sedang menyelenggarakan pemilihan dalam satu wilayah.

Keadaan tertentu yang dimaksudnya meliputi seseorang yang sedang enjalankan tugas di tempat lain pada harus pemungutan suara, seorang 
menjalani rawat inap di rumsah sakit, puskesmas atau klinik yang mempunyai fasilitas layanan rawat inap dan keluarga yang mendampingi
penyandang disabilitas yang berada di panti sosial/panti rehabilitasi, menjalani rehabilitasi narkoba, orang yang menjadi tahanan di rumah tahanan atau lembaga pemasyarakatan, tugas belajar, pindah domisili dan atau tertimpa bencana alam.

"Semua itu tertuang di PKPU 18 tahun 2020 pasal 8 ayat 1. pelayanan hanya di wilayah daerah yang melaksanakan pemilihan," kata dia. (*)

Penulis: Teddy Malaka
Editor: Teddy Malaka
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved