Breaking News:

Berita Pangkalpinang

Peringati Hari Perkebunan ke-63, Zuhri Sebut Ekspor Komuditas Pertanian Meningkat di Tengah Pandemi

Kementerian Pertanian (Kementan) memperingati Hari Perkebunan ke-63 di Serpong, Tangerang Selatan, Kamis (10/12/2020). Acara..

Penulis: Sela Agustika | Editor: Fery Laskari
istimewa
Kepala Balai Karantina Pertanian Pangkalpinang Saifuddin Zuhri bersama Pihak Dinas Pertanian Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Juaidi saat saat Acara Hari Perkebunan ke-63 secara virtual di Ruang Rapat Dinas Pertanian Provinsi Bangka Belitung, Kamis (20/12/2020) 

BANGKAPOS.COM , BANGKA -- Kementerian Pertanian (Kementan) memperingati Hari Perkebunan ke-63 di Serpong, Tangerang Selatan, Kamis (10/12/2020). Acara yang digelar tahun ini bertemakan "Optimalisasi Ekspor Perkebunan dalam Upaya Pemulihan Ekonomi Nasional".

Kepala Balai Karantina Pertanian Pangkalpinang Saifuddin Zuhri bersama dengan Dinas Pertanian Provinsi Kepulauan Bangka Belitung ikut serta pada acara Hari Perkebunan ke-63 secara virtual di Ruang Rapat Dinas Pertanian Provinsi Bangka Belitung.

Dalam amanatnya Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo mengapresiasi Jajaran Kementerian Pertanian yang telah bekerja keras, di mana meskipun di masa pandemi Covid-19 ekspor Komoditas Perkebunan menunjukkan trend yang meningkat.

Hal ini juga dialami oleh Komoditas Perkebunan di Bangka Belitung. Berdasarkan  data ekspor di Balai Karantina Pertanian Pangkalpinang, ekspor komoditas pertanian di  Pangkalpinang justru mengalami peningkatan di bandingkan tahun 2019 lalu.

Adapun peningkatan volume dan nilai ekspor ini yaitu, di mana pada Tahun 2019, volume ekspor ini sebayak 96,084 ton, nilai sebesar Rp871.005.015.979. Sedangkan pada Tahun 2020 ini volume ekspor meningkat menjadi 113,322 ton, nilai sebesar Rp948.893.500.967.

"Pandemi ini tidak melulu memberi dampak buruk bagi kita, buktinya meskipun ditengah pandemi ini aktivitas ekspor komoditas pertanian kita tetap masih bisa berjalan dan bahkan alami kenaikan di bandingkan tahun lalu (2019)," kata Kepala Balai Karantina Pertanian Pangkalpinang Saifuddin Zuhri kepada Bangkapos.com, Kamis (10/12/2020).

Bahkan dari segi ragam komoditas, dia mengatakan pada tahun 2020 ini terjadi penambahan komoditas pertanian yang di ekspor. Di mana pada tahun sebelumnya (2019) hanya terdiri dari enam ragam komoditas, sementara pada tahun 2020 bertambah menjadi delapan komoditas, yang mana dua penambahan komoditas baru ini yaitu Lidi Nipah dan Cangkang Sawit.

"Awalnya kita hanya enam komuditas tetapi sekrang ini nambah dua komoditas baru dan kemarin kita juga kita ekspor tepung tapioka pertama di Bangka sebanyak 76 ton ke Negara Tiongkok dan ini juga menjadi komoditas ekspor baru,"kata Zuhri.

Dia berharap kedepannya ekspor di Bangka Belitung terus meningkat dari beragam  komoditas, sehingga volume, nilai dan ragam ekspor terus bertambah.

''Selama ini yang kita ekspor hanya komoditas perkebunan saja, ke depannya kita berharap tidak hanya komoditas kebun ini saja tetapi untuk komoditas lainnya bisa juga ikut ekspor sehingga nilai ekspor kita semakin bertambah dan masyarakat juga semakin sejahtera," harapnya.(Bangkapos.com/Sela Agustika)

Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved