Breaking News:

Berita Pangkalpinang

97 Persen BST Kemensos RI Tahap 1 dan 8 Tersalurkan Melalui Kantor Pos Pangkalpinang

Kantos Pos Cabang Pangkalpinang telah menyalurkan Bantuan Sosial Tunai (BST) Kemensos RI Tahap 9 atau tahap terakhir untuk penyaluran di Tahun 2020

Penulis: Sela Agustika | Editor: Fery Laskari
Istimewa
Penyaluran BST Kemensos RI di kantor Pos Pangkalpinang 

BANGKAPOS.COM , BANGKA -- Kantos Pos  Cabang Pangkalpinang telah menyalurkan Bantuan Sosial Tunai (BST) Kemensos RI Tahap 9 atau tahap terakhir untuk penyaluran di Tahun 2020.

Kepala Kantor Pos Pangkalpinang, Azmat Nuzul Pasa mengatakan, penyaluran BST Kemensos Tahap 1 sampai dengan Tahap 8 terserap dengan baik yakni sebesar 97 persen.

Sedangkan untuk BST tahap 9 saat ini ia menyebutkan sudah terserap hampir 100 persen dari alokasi sebanyak 35.211 keluarga penerima manfaat (KPM) se Provinsi Bangka Belitung.

"Untuk tahap 9 saat ini hanya menyisakan tidak lebih dari 200 KPM yang belum tersalurkan. Sementara dari data di lapangan, BST yang belum terserap dikarenakan KPM tersebut pindah jiwa, meninggal dan telah mendapat bansos lain,” jelas Azmat, Jumat (11/12/2020). 

Dia mengatakan dengan ditutupnya BST  tahap-9 atau terakhir untuk tahun 2020, Kemensos RI memperanjang masa penyaluran hingga 24 Desember 2020. 

“Kami mengimbau untuk KPM yang mungkin belum mengambil agar segera mengambil BST Kemensos RI ke kantor pos terdekat,” imbau Azmat. 

Dia menyebut perpanjangan masa penyaluran ini dilakukan agar bantuan sosial yang diberikan oleh pemerintah dapat digunakan oleh masyarakat yang membutuhkan. 

"Kita ketahui bersama bahwa tujuan dari BST Kemensos RI ini adalah dalam rangka pemulihan ekonomi masyarakat yang terdampak pandemi Covid -19," katanya.

Diakui Azmat selama prose penyaluran BST Kemensos RI yang dimulai sejak bulan April hingga Desember Tahun 2020 berjalan baik dan lancar. 

Bahkan penyaluran BST Kemensos RI yang dilakukan Kantor Pos ini melalui berbagai pola penyaluran, diantarnya penyaluran melalui loket-loket Kantorpos terdekat, penyaluran melalui komunitas-komunitas di kantor kelurahan atau kecamatan, penyaluran langsung door to door khusus bagi penyandang disabilitas, lansia, ODGJ dan kebutuhan khusus lainnya, serta yang terbaru penyaluran melalui transfer rekening. 

Tak hanya itu dalam penyaluran BST, pihaknya juga menjalin koordinasi dengan pihak-pihak terkait seperti, Dinas Sosial, Pemerintah Daerah, Petugas Sosial Masyarakat (PSM), dan Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK Kecamatan).

"Alhamdulillah selama penyaluran berjalan dengan baik dan lancar, tentunya ini berkat koordinasi dan kerjasama yang baik dengan pihak-pihak terkait," katanya.( Bangkapos.com/Sela Agustika)

Sumber: bangkapos.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved