Breaking News:

Berita Pangkalpinang

Menjelang Akhir Tahun Jasa Eskpedisi Alami Lonjakan Pengiriman 

Menjelang akhir tahun, pengiriman paket melalui jasa ekspedisi berangsur mengalami lonjakan. Hal ini pun dialami oleh perusahan jasa ekspedisi Kantor

Penulis: Sela Agustika | Editor: Fery Laskari
istimewa
Pelayanan di Kantor Pos Pangkalpinang 

BANGKAPOS.COM , BANGKA -- Menjelang akhir tahun, pengiriman paket melalui jasa ekspedisi berangsur mengalami lonjakan. Hal ini pun dialami oleh perusahan jasa ekspedisi Kantor Pos dan TIKI.

Kepala Kantor Pos Pangkalpinang, Azmat Nuzul Pasa mengatakan menjelang akhir tahun pengiriman paket melalui Kantor Pos mengalami peningkatan 6 hingga 10 persen. 

Sebelumnya ia mencatat pada promo 11 11 di bulan lalu terjadi lonjakan kiriman masuk Pulau Bangka hingga 33 persen lebih banyak dari minggu sebelumnya. 

"Apalagi menjelang momen Natal dan Tahun baru ini biasanya terjadi lonjakan kiriman, baik paket yang dikirim ke pulau bangka maupun dikirim keluar pulau bangka," kata Azmat, Minggu (13/12/2020).

Ditambah lagi menjelang akhir tahun dengan adanya promo 12 12 di semua marketplace, ia memastikan terjadi lonjakan kiriman yang masuk ke Pulau Bangka. 

Ia mengungkapkan saat ini rata-rata paket yang dikirim masih didominasi ole online shoph kiriman atau pesanan via marketplace

"Selebihnya adalah kiriman hadiah, gift, kado dari pribadi untuk merayakan natal dan tahun baru," ujarnya.

Diakui Azmat, maraknya promo di marketplace di hari-hari tertentu seperti pada moment 12 12  sangat berpengaruh pada lonjakan traffic kiriman paket yang masuk ke pulau bangka. 

Ditambah lagi dengan diskon harga dan ongkir yang ditawarkan akan membuat pelanggan lebih meningkatkan transaksi pembelian di marketplace. 

"Di samping itu mall-mall retail yang sudah memiliki layanan pembelian melalui e-commerce juga akan memberi promo cuci gudang di akhir tahun untuk display bulan ini. Sehingga hal ini menambah transaksi pembelian dan pengiriman yang akan masuk ke Pulau Bangka," kata Azmat. 

Sementara itu kenaikan pengiriman jasa ekspedisi ini juga dirasakan oleh PT TIKI Prima Makmur Pangkalpinang.

Pimpinan PT TIKI Prima Makmur Pangkalpinang, Marna Ngadimin mengatakan hingga saat ini dan menjelang akhir tahun pengiriman paket melalui TIKI mengalami peningkatan.

"Sekarang Alhamdullilah untuk pengiriman lumayan bagus, terutama nanti biasanya menjelang tanggal 15 keatas selalu meningkatan," kata Marna.

Dia mengatakan saat ini pengiriman yang banyak dilakukan oleh TIKI didominasi oleh pengiriman makanan dan online shop.

"Karena pandemi ini banyak yang membutuhkan makan yang sehat seperti madu dan makan basah lainnya jadi untuk saat ini masih didominasi makanan dan juga online shop,"sebutnya.

Dikarena jam terbang pesawat yang saat ini masih dibatasi, dia menyarankan kepada pelanggan yang akan mengirimkan barang melalu pelayan ONS (overnight service) harus dibawah Pukul 10.00 WIB.

"Kami berharap bagi yang mau mengirimkan paket melalui ONS ini dimasukan dibawah jam 10 berhubung sore tidak ada lagi peswat, maka setelah itu akan dimasukkan pengiriman yang reguler. Namun bila ada pesawat sore ONS akan berjalan lancar seperti semulanya,"tutur Marna.

Azmat menambahkan, seiring adanya lonjakan kiriman di masa peak season 12 12, Kantor Pos terus mengoptimalkan pelayanan.Bahkan di hari libur pun Kantor Pos dan Pak Pos terus bekerja mengirimkan paket-paket.

"Loket kami buka setiap hari, tidak ada hari libur hingga awal, yakni Senin sampai Jumat buka hingga pukul 20.00 WIB untuk Kantor Pos pusat pangkalpinang, Kantor Pos Air Itam, dam Kantor Pos Grimaya. Sedangkan Sabtu dan Minggu Kantor buka sampai sore," kata Azmat.

Azmat memastikan, hal ini dilakukan agar kebutuhan masyarakat terlayani dengan baik, terutama pelayanan pengiriman paket, bayar listrik, air, BPJS, tagihan, setoran pajak dan lainnya.

Dia menuturkan jika traffic sangat tinggi dalam proses pengiriman, maka biasanya akan terjadi sedikit keterlambatan dalam proses pengiriman dikarenakan overload kiriman dan keterbatasan transporting yang tersedia.

Dia berharap kepada para pelanggan untuk dapat mengestimasi pesanannya akan diterima dalam kurun waktu beberapa hari kedepan.

"Kalau nanti paket atau pesanannya terlambat pesenannya terlambat mohon ditunggu karena traffic dan overload," kata Azmat.

Lebih lanjut, PT TIKI Prima Makmur Pangkalpinang juga terus mengoptimalkan pelayanan terbaik kepada konsumen.

"Untuk pelayanan kita buka setiap hari, untuk jam kerja kita tutup sampai pukul 18.00 WIB, sedangkan untuk hari weekend kita buka sampai pukul 14.00 WIB," kata Marna.

Dia mengatakan saat ini TIKI pun  hadir dengan berbagai inovasi baru, yakni menawarkan produk baru TIKI KU.

Kehadiran produk terbaru TIKI KU diakuinya memiliki kelebihan yang akan memberi kemudahan kepada masyarakat dalam melakukan pengiriman.

"Produk ini diluncurkan awal bulan Desember dan tentunya setiap diluncurkan produk pasti memiliki kelebihan, seperti TIKI KU ini menawarkan pelayanan yang bagus dan cepat. Selain itu saat ini kita juga ada penawaran promo-promo pengiriman yang bisa datang langsu ke TIKI," katanya.( Bangkapos.com/Sela Agustika)

Sumber: bangkapos.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved