Breaking News:

Pilkada Bangka Selatan

Pilkada Bangka Selatan Ukir Sejarah Baru di Bangka Belitung, Pengamat Publik Soroti Calon Perempuan

Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Bangka Selatan dalam Pilkada 2020 mengukir sejarah baru sepanjang pelaksanaan kancah pesta demokrasi

Bangkapos.com/Jhoni Kurniawan
Bupati Bangka Selatan, Justiar Noer bersama istri, Ekawati Justiar saat menggunakan hak pilihnya di TPS di Kabupaten Bangka Selatan 

BANGKAPOS.COM , BANGKA -- Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Bangka Selatan dalam Pilkada 2020 mengukir sejarah baru sepanjang pelaksanaan kancah pesta demokrasi di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Bagaimana tidak, Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Bangka Selatan yang diikuti oleh dua orang perempuan yang dalam hal ini menjadi Calon Bupati Bangka Selatan Nomor Urut 2, Rina Tarol dan Calon Wakil Bupati Bangka Selatan Nomor Urut 4, Debby Vita Dewi.

Pemerhati Kebijakan Publik sekaligus Ketua Lembaga Partisipasi Pengawas dan Pemerhati Pelayanan Publik Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Jumli Jamaluddin menyatakan fenomena yang terjadi di Kabupaten Bangka Selatan merupakan yang pertama kalinya terjadi di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Apalagi menurut Jumli, Debby Vita Dewi merupakan seorang perempuan pertama yang menjadi pemimpin Kabupaten Bangka Selatan sebagai wakil bupati yang membantu dan bersinergi dengan Bupati Bangka Selatan, Riza Herdavid jika sudah ditetapkan secara resmi dan diumumkan oleh KPU Kabupaten Bangka Selatan sebagai pemenang maupun secara legitimasi.

Jumli menambahkan dari hasil penghitungan sementara, Pasangan Riza Herdavid dan Debby Vita Dewi berhasil mengantongi perolehan suara terbanyak sekaligus mengungguli pasangan lainnya.  Dan menurutnya hal ini menunjukkan selangkah lagi pemimpin pertama perempuan sebagai Wakil Bupati akan terwujudkan di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

"Tentunya ini merupakan prestasi baru di Bangka Belitung dalam hal pesta demokrasi karena sepanjang Pilkada di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menjadi sejarah baru yang diukir oleh Bangka Selatan," ungkap Jumli pada Minggu, (13/12/2020).

Melalui fenomena ini juga Jumli menyatakan ini merupakan pembuktian perempuan di Bangka Belitung turut memiliki andil yang besar dan berhasil memenangkan kompetisi pilkada.

Selain itu fenomena yang menarik di Pilkada Kabupaten Bangka Selatan lanjut Jumli Jamaluddin adalah diikuti oleh dua orang perempuan. 

Selain Debby Vita Dewi sebagai calon wakil bupati yang mendampingi Riza Herdavid sebagai calon bupati, ada juga perempuan lainnya yakni Rina Tarol sebagai calon bupati.

"Kedua perempuan ini membuktikan bahwa kalangan perempuan di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mampu dan berani mengikuti kancah pesta demokrasi pilkada," kata Jumli.

Di lain sisi, Jumli Jamaluddin menyatakan jika hadirnya Pasangan Kodi Midahri dan Rusliadi sebagai pasangan independen turut menjadikan Pilkada 2020 di Kabupaten Bangka Selatan menjadi unik.

"Hal ini juga tidak kalah menarik, karena kontestasi Pilkada di Kabupaten Bangka Selatan diikuti oleh paslon perseorangan atau independen," katanya.

Semua ini menurutnya menunjukkan sebuah kemajuan dan prestasi di dalam kancah pesta demokrasi serta pesta demokrasi yang sudah berjalan secara demokratis di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

"Semoga saja bupati dan wakil bupati yang terpilih di empat kabupaten di Bangka Belitung dapat mengemban amanah dari masyarakatnya dan dapat mewujudkan birokrasi tanpa jarak dengan masyarakat yang dilayaninya sehingga mewujudkan pemerintahan yang baik dan bersih," harapnya. ( Bangkapos.com / Jhoni Kurniawan )

Penulis: Jhoni Kurniawan
Editor: nurhayati
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved