Breaking News:

WIKI BANGKA

Kalah dalam Pilkada 2020, Ini Saran Psikolog untuk Menghindari Stres

Puncak Pilkada 2020 yang diwarnai oleh pencoblosan di setiap Tempat Pemungutan Suara (TPS) di setiap wilayah di Kabupaten Bangka Selatan

TRIBUNNEWS.COM
Ilustrasi Pilkada 

BANGKAPOS.COM , BANGKA -- Puncak Pilkada 2020 yang diwarnai oleh pencoblosan di setiap Tempat Pemungutan Suara (TPS) di setiap wilayah di Kabupaten Bangka Selatan pada akhirnya telah selesai digelar.

Menurut seorang psikolog, Silmika Wijayanti setelah pelaksanaan pencoblosan dan munculnya hasil hitung cepat dari setiap lembaga maka akan ada pemenang dan pasangan yang kalah.

Tentunya dari hasil hitung cepat ini, setiap pasangan yang kalah akan mengalami keadaan stres atau kondisi yang bergejolak sehingga harus melakukan beberapa hal.

Menurut Silmika, hal pertama yang dapat dilakukan oleh setiap pasangan calon adalah menerima hasil yang telah muncul.

"Mencalonkan diri tentunya akan ada konsekuensi baik menang ataupun kalah. Bagi pasangan yang belum berhasil tentunya harus siap menerima hasilnya," saran Silmika pada Senin, (14/12/2020).

Selain menerima dengan lapang dada hasil penghitungan yang telah keluar, Silmika juga menyarankan, jika hal yang harus dilakukan yakni terus berpikir positif atas apa yang terjadi saat ini.

"Setelah menerima realita yang terjadi dari hasil yang ada maka terus berpikir positif dan lakukan aktivitas yang produktif akan menghindari terjadinya stres," kata Silmika.

Aktivitas positif lanjut Silmika maupun kegiatan yang disukai oleh setiap pasangan calon harus dilakukan sehingga dapat mengalihkan perasaan sedih, cemas dan hal-hal yang tidak menyenangkan. 

"Dengan melakukan hal-hal yang positif dan disukai tentunya akan menambah semangat setiap pasangan calon," ungkap Silmika.

Tidak lupa poin penting yang wajib dilakukan adalah meningkatkan kemampuan spiritual dengan cara terus berpikir bahwa ini adalah jalan yang diberikan Allah SWT atas usaha yang telah dilakukan, sehingga, akan terus berpikir positif, semangat dan produktif dalam menjalani aktivitas di masa depan.

( Bangkapos / Jhoni Kurniawan )

Penulis: Jhoni Kurniawan
Editor: nurhayati
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved