Breaking News:

Pilkada Bangka Selatan

Satu TPS di Bangka Selatan Lakukan Pemilihan Suara Ulang, Menurut Bawaslu Ini Penyebabnya

Satu Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Desa Air Bara Kecamatan Air Gegas terpaksa harus kembali melakukan Pemilihan Suara Ulang (PSU)

Ist/Budi
Pelaksanaan PSU di TPS 05 Desa Air Bara pada Minggu, (13/12/2020). 

BANGKAPOS.COM , BANGKA -- Satu Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Desa Air Bara Kecamatan Air Gegas terpaksa harus kembali melakukan Pemilihan Suara Ulang (PSU) pada Minggu, (13/12/2020) kemarin.

Pemilihan ulang dilaksanakan di TPS 05 Desa Air Bara yang menggelar PSU di Kabupaten Bangka Selatan.

PSU ini dilakukan lantaran adanya proses dalam pemilihan yang tidak sesuai dengan prosedur yang telah ditetapkan oleh KPU.

Koordinator Divisi Pengawasan Humas dan Hubungan Antar Lembaga Bawaslu Kabupaten Bangka Selatan, Azhari menyatakan ketidaksesuaian atau pelanggaran ini berdasarkan laporan hasil pengawasan dari Pengawas TPS 05 Desa Air Bara yang bernama Etri Yuliatri.

Dalam laporannya, Etri menyebutkan bahwa terdapat kesalahan prosedur yang dilakukan oleh Anggota KPPS pada saat penghitungan suara.

"Laporan yang kami terima adalah, saat itu anggota KPPS di TPS 05 Desa Air Bara mengeluarkan surat suara dari kotak suara, lalu menaruh seluruh surat suara di atas meja. Setelah itu, surat suara dimasukkan kembali ke dalam kotak suara untuk dihitung,"  jelas Azhari.

Berdasarkan penelitian dan pemeriksaan di lokasi, proses pembukaan kotak suara dan atau berkas pemungutan suara tidak dilakukan sesuai dengan prosedur yang berlaku.

"Berdasarkan PKPU Nomor 8 Tahun 2018 Pasal 47 Ayat 2 (b) berbunyi Anggota KPPS melakukan penghitungan suara dengan cara mengeluarkan surat suara dari kotak suara dan diletakkan di meja Ketua KPPS," ucap Azhari.

Sementara itu di dalam PKPU 8 tahun 2018 Pasal 59 Ayat 2 (a) lanjut Azhari disebutkan bahwa Pemungutan Suara Ulang di TPS dapat dilakukan apabila pembukaan kotak suara dan/atau berkas pemungutan dan penghitungan suara tidak dilakukan menurut tata cara yang ditetapkan dalam peraturan perundang-undangan.

Azhari menegaskan jika pelanggaran yany terjadi di TPS 05 Desa Air Bara merupakan pelanggaran administrasi atau melanggar ketentuan PKPU yang diatur dalam PKPU 18 ataupun di Perbawaslu 16 tahun 2020.

"Dari temuan ini, Bawaslu melalui Panwaslu Kecamatan Airgegas merekomendasikan kepada Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) untuk melakukan pemungutan suara ulang (PSU) di TPS 5 Desa Air Bara Kecamatan Airgegas dan telah dilangsungkan kemarin," kata Azhari.

Pemungutan Suara Ulang (PSU) ini tegas Azhari sebagai bentuk tindak lanjut dari KPU Kabupaten Bangka Selatan atas penelitian yang telah dilakukan oleh Panwaslu Kecamatan Airgegas. ( Bangkapos.com / Jhoni Kurniawan )

Penulis: Jhoni Kurniawan
Editor: nurhayati
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved