Breaking News:

Dialog Ruang Tengah Bangka Pos

Mengawal Rekapitulasi Penghitungan Suara, Ini Kata Ketua KPU dan Bawaslu Bangka Tengah

Dialog Ruang Tengah Bangka Pos embghadirkan Ketua KPU Bangka Tengah, Rusdi dan Ketua Bawaslu Bangka Tengah

Istimewa
Dialog Ruang Tengah Bangka Pos 

BANGKAPOS.COM , BANGKA - Dialog Ruang Rengah Bangka Pos menghadirkan dua  tamu yakni Ketua KPU Bangka Tengah, Rusdi dan Ketua Bawaslu Bangka Tengah, Robianto pada Selasa (15/12/2020) malam.

Dialog kali ini mengangkat Tema  "Mengawal Rekapitulasi Hasil Perhitungan Suara di Tingkat Kabupaten" yang dipandu oleh Edy Yusmanto.

KPU Bateng dan Bawaslu Bateng sudah melakukan serangkaian persiapan dalam pelaksanaan pada Pilkada Bateng Tahun 2020 supaya bisa berjalan kondusif sesuai yang diharapkan.

"Alhamdulillah direspon oleh pasangan calon pasca pungut hitung pilkada di Bangka Tengah berjalan kondusif," ujar Robianto.

Menurutnya, hasil pungut hitung betul-betul suara yang diberikan masyarakat Bangka Tengah. Selanjutnya ada rekapitulasi tingkat kecamatan dan akan dilanjutkan di tingkat kabupaten.

Sementara itu, Ketua KPU Bangka Tengah Rusdi mengucapkan terimakasih kepada Bawaslu Bangka Tengah, masyarakat atas suksesnya pelaksanaan pilkada berjalan lancar dan membuat sejarah baru yakni partisipasi pemilih mencapai 77,84 persen.

Diakui Rusdi, hal ini tidak terlepas dari peran Bawaslu yang selalu memberikan pengawalan terhadap persiapan dari KPU Bangka Tengah dan tahap penyelengara dengan berbagai tahapan sudah dilakukan.

"Berbagai tahap sudah dilakukan dari persiapan, penyelenggara dan besok kami mengundang pasangan calon, masing-masing saksi dan beberap pihak pada pleno penetapan hasil perhitungan suara di tingkat kabupaten pukul 13.30 WIB di Soll Marina Hotel. Hadir di acara ini tamu undangan sekitar  50 orang," kata Rusdi.

"Besok pleno hasil rekapitulasi tingkat kabupaten. Kami mempleho sesuai dengan hasil rekap di semua kecamatan di Bangka Tengah. Kami berharap Paslon atau tim kampanye menerima. Seandainya masih keberatan, mereka (Paslon dan saksi -red) punya hak untuk menyanggah sesuai dengan peraturan undang-undang," jelas Rusdi.Robianto menambahkan, dalam pelaksanaan pilkada 9 Desember pihaknya (Bawaslu) dan KPU Bateng bersinergi dalam menciptakan pilkada yang demokratis. 

"KPU dan Bawaslu bahu-membahu untuk mewujudkan pilkada yang demokratis dan berjalan semestinya," kata Robianto.

Lanjut Robianto, terkait rekap tingkat Kecamatan dilakukan dan mempunyai catatan khusus yaitu C hasil dengan data yang diperoleh Bawaslu harus sinkron, data harus sama.

Dijelaskannya, pilkada proses perjalanan yang panjang dan sebuah hal yang tidak mudah dan harus siap dengan segala tantangan di masa pandemi covid-19.

"Kami selaku penyelenggara berusaha meyakinkan masyarakat bahwa pilkada berlangsung aman dengan protokol Covid yang ketat. Saat ini masyarakat menciptakan kondusifitas karena Bangka Tengah adalah rumah kita," kata Robianto.(Bangkapos.com/Widodo)

Penulis: Widodo
Editor: Fery Laskari
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved