Breaking News:

Berita Sungailiat

Dispernak Bangka Turunkan 63 Penyuluh Bina KWT

Dibentuknya KWT untuk meningkatkan pengetahuan, keterampilan, sikap serta tumbuh kembangnya kemandirian para wanita dalam bertani.

Bangkapos.com/Ramandha
Kadis Pertanian Kabupaten Bangka, Elliyus Gani 

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bangka hingga saat ini sudah memiliki 33 Kelompok Wanita Tani (KWT). Diharapkan dengan hadirnya KWT dapat menjadi wadah pembelajaran bagi seluruh anggota yang diisi oleh para wanita itu.

Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan (Kadispernak) Kabupaten Bangka, Elliyus Gani, kepada Bangkapos.com, Rabu (16/12/2020).

Menurutnya, dibentuknya KWT untuk meningkatkan pengetahuan, keterampilan, sikap serta tumbuh kembangnya kemandirian para wanita dalam bertani.

"Sehingga produktivitasnya meningkat. Pendapatannya bertambah, lalu kehidupan mereka yang diharapkan lebih sejahtera, nanti," jelasnya.

Ia mengatakan, KWT yang ada di masa sekarang, lebih banyak memanfaatkan pekarangan rumah. Seperti halnya yang dilakukan oleh KWT Kelurahan Lubuk Kelik dan KWT Semujur Makmur.

"Mereka sudah beberapa kali melakukan panen. Kalau mereka habis panen, langsung tanam lagi. Biasanya yang ditanam, tanaman kebutuhan pangan," katanya.

Pihaknya juga memberikan sejumlah fasilitas ke KWT di daerah, misalnya pemberian fasilitas berupa penyuluh. Hingga saat ini, terdapat sejumlah 63 penyuluh yang tersebar di semua desa/kelurahan di wilayah Kabupaten Bangka.

"Para penyuluh itu, membantu KWT untuk memberikan masukan dan lain-lain, sehingga tetap produktif bertani," ujarnya.

(Bangka Pos/Ramandha)

Penulis: Ramandha
Editor: khamelia
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved