Breaking News:

JALUR Kereta Api di Tengah Landasan Pacu Bandara Gisborne Selandia Baru

Bandara Gisborne memiliki lancasan pacu utama yang dibelah oleh jalur kereta api fungsional yang menghubungkan Palmerston Utara dan Gisborne

Instagram/captainbuzz01
Foto landasan pacu Bandara Gisborne yang dibelah oleh jalur rel kereta api 

BANGKAPOS.COM - Bandara Gisborne merupakan bandara kecil di pinggiran barat Gisborne, Pantai Timur Pulau Utara, Selandia Baru.

Bandara ini merupakan satu dari 62 bandara lokal dan internasional yang ada di Selandia Baru.

Bandara Gisborne adalah satu bandara unik di dunia.

Bandara Gisborne memiliki lancasan pacu utama yang dibelah oleh jalur kereta api fungsional yang menghubungkan Palmerston Utara dan Gisborne.

Luas tanah dari Bandara Gisborne sekitar 160 hektar dengan tiga landasan pacu rumput dan satu menjadi landasan pacu utama.

Landasan pacu yang dibelah oleh jalur kereta api memiliki panjang sekitar 4.297 kaki atau sekitar 1,3 kilometer.
Dilansir dari amusingplanet, Bandara Gisborne mempunyai jadwal yang padat antara pukul 6.30 hingga 20.30 waktu setempat.

Begitu juga dengan kereta api yang melalui jalur rel yang membelah landasan pacu utama tersebut, memiliki jadwal perjalanan yang aktif dan padat.

Kereta api yang melintas di rel tersbut sering sekali melintas bersamaan dengan pesawat yang akan lepas landas, sehingga salah satu ada yang harus mengalah.

Ini merupakan tugas yang sangat menantang bagi pihat bandara untuk mengelola dan mengamatai keberangkatan dan kedatangan pesawat di sepanjang landasan dengan jadwal kereta api yang melintas.

Meskipun terlihat sangat menyeramkan, namun bandara ini sangat aman, tingkat kecelakaan yang terjadi bandara ini mempunyai tren yang menurun.

Tidak hanya itu, lalu lintas di wilayah Bandara Girsborne baik penerbangan pesawat maupun kereta api yang melintas terkendali dengan baik.

Bandara Gisborne menjadi satu lini utama dari transportasi di wilayah Gisborne, hal ini dibuktikan dengan 60 penerbangan domestik setiap harinya.

Selain itu, lebih dari 150 ribu penumpang yang terbang melalui bandara ini setiap tahunnya.

Tidak hanya Bandara Gisborne, ada beberapa bandara lagi yang mempunyai landasan pacu yang dibelah oleh jalur rel kereta api lokal.

Di antaranya adalah Bandara Wynyard di Tasmania dan Bandara Gibraltar di Inggris, ada juga bandara Halle Leipzig yang mempunyai landasan pacu di atas jembatan tol.

Artikel ini sudah tayang di tribuntravel.com dengan judul: Potret Uniknya Bandara Gisborne Selandia Baru, Ada Jalur Kereta Api Melintas di Tengah Landasan Pacu

Penulis: tidakada001
Editor: Edi Yusmanto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved