Breaking News:

WIKI

Ikan Seluang, Sepat dan Gabus pun Melimpah, Ini Spotnya

Ternyata berbagai jenis ikan hidup di sungai dan rawa di Pulau Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel). Ikan ini gurih dikonsumsi sehingga

Editor: Fery Laskari
Ikan Seluang, Sepat dan Gabus pun Melimpah, Ini Spotnya
bangkapos.com/Dok
Pemancing ikan dari sekitar Desa Kayuarang saat menuju ke anak sungai untuk mencari umpan memancing ikan di sepanjang Sub DAS Jering Kayuarang Kabupaten Bangka Barat, Sabtu (17/10/2015).

BANGKAPOS.COM , BANGKA -- Ternyata berbagai jenis ikan hidup di sungai dan rawa di Pulau Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel). Ikan ini gurih dikonsumsi sehingga jadi incaran mancing maniak dari berbagai penjuru.

Namun selain memiliki nilai gizi yang tinggi untuk dikonsumsi, ikan yang hidup di habitat itu juga berpotensi jadi ikan hias.

Apa saja jenis ikan yang hidup di Perairan Bangka, khususnya di aliran sungai maupun rawa daerah ini?

Akademisi atau Dosen Aquakultur Universitas Bangka Belitung, Ahmad Fahrul Syarif mengatakan ikan lokal Bangka Belitung sangat banyak, bahkan potensial dijadikan ikan hias.

"Misalnya jenis seluang (Rasbora), Palapinang, Tepalak (Betta), Gabus/Kihung/Sulur/Kembul (Channa) dan masih banyak lagi ikan-ikan lokal dengan warna menarik yang bisa dijadikan ikan hias untuk akuaskap (aquascape)," ujar Fahrul, Jumat (14/8/2020) lalu.

Lebih lanjut, ia menerangkan ikan endemik Babel sendiri itu antara lain Betta burdigala, Betta chloropharinx (Tepalak), beberapa Jenis Rasbora (Seluang) dan beberapa kelompok Ikan Gabus (Channa).

"Sedangkan untuk ikan cupang yang umumnya banyak dijual ditoko akuarium, pasar atau pedagang kecil lainnya Jenis Betta splandens bukan cupang asli Indonesia," kata Fahrul.

Ia juga menyingung kerusakan alam yang terjadi dapat menyebabkan beberapa spesies ikan lokal mulai menurun, habitat yang rusak karena penambangan misalnya menyebabkan kualitas air menurun dan tercemar akibat aktivitas penambangan tersebut.

"Namun, beberapa jenis ikan misalnya Gabus (Channa striata), seluang dan sepat itu masih melimpah. Bahkan populasinya masih cukup tinggi, dari yang saya lihat beberapa ada yang dijual di tepi jalan daerah Pangkalpinang misalnya memang banyak dan masih melimpah di alam. Namun jika berlebihan bisa juga mengancam kelestarian ikan tersebut," tuturnya.

Spot-spot yang masih potensial ditemukan ikan-ikan lokal di Bangka Belitung misalnya di Bangka Selatan (Desa Bencah), Pulau Belitung (Desa Dukong) dan lainnya. (*)

Artikel ini telah tayang di bangkapos.com dengan judul Ini Jenis Ikan Lokal Babel Berpotensi Jadi Ikan Hias dan Spotnya Kata Akademisi UBB, https://bangka.tribunnews.com/2020/08/14/ini-jenis-ikan-lokal-babel-berpotensi-jadi-ikan-hias-dan-spotnya-kata-akademisi-ubb.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved