Breaking News:

Berita Pangkalpinang

Saat Musim Hujan Pengendara Harus Tetap Waspada, Jalanan Licin Rawan Kecelakaan

Memasuki musim penghujan di bulan Desember, pengguna jalan di seputaran Kota Pangkalpinang, diharapkan tetap waspada.

Bangkapos.com/Yuranda
Ilustrasi, test berkendara pemohon pembuatan SIM, di Satlantas Polres Pangkalpinang, beberapa waktu lalu. 

BANGKAPOS.COM , BANGKA -- Memasuki musim penghujan di bulan Desember, pengguna jalan di seputaran Kota Pangkalpinang, diharapkan tetap waspada.

Tingkat kewaspadaan harus diterapkan oleh pengguna jalan, karena pada waktu hujan jalan licin serta tergenang air, sehingga rentan terjadinya kecelakaan.

"Kami mengimbau kepada para pengguna jalan untuk lebih berhati-hati dalam berkendara, karena jalan licin dan tergenang air, " kata Satlantas Polres Pangkalpinang AKP Dewi Rahmailis Munir, Senin (21/12/2020) kepada Bangkapos.com

Menurut Dewi, salah satu faktor penyebab terjadinya kecelakaan lalu lintas adalah cuaca, selain itu kelengahan saat berkendara. Untuk itu, Ia meminta para pengguna jalan harus berhati-hati dalam mengendarai kendaraannya, terutama ketika hujan turun. 

“Kepada masyarakat Pangkalpinang agar berhati-hati, baik saat mengendarai mobil atau sepeda motor karena musim hujan di sertai cuaca ekstrim rawan dengan kecelakaan,”  ingat Dewi

Selain itu, ia juga mengimbauan agar berhati-hati, dibeberapa titik yang rawan terjadi kecelakaam dan tetap waspada dalam berkendara, mengingat intensitas curah hujan hampir setiap hari.

“Sebelum berpergian alangkah baiknya periksa kendaraan seperti ban kendaran, hal ini guna menghindari lakalantas, jika sudah aus disarankan untuk segera di ganti karena rawan tergelincir, terutama jangan lupa helm dan surat kendaraan,” pesan Dewi.

Apabila cuaca ekstrem, lanjutnya masyarakat di minta untuk menunda perjalanan karena cuaca ekstrim akan menambah resiko terjadinya kecelakaan dalam berkendara.

"Oleh karena itu, harus hati-hati lagi dalam mengendarai terutama pada saat hujan turun. Jangan lupa pada saat berkendara tetap menyalakan lampu kendaraan karena jarak pandang berkurang saat terjadi hujan,” Imbaunya. 

( Bangkapos.com / Yuranda )

Penulis: Yuranda
Editor: nurhayati
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved