Breaking News:

Advertorial

Bangkitkan Sektor Perikanan Pertanian, Pemdes Kayu Arang Ajak Masyarakat Manfaatkan Lahan Tidur

PEMERINTAH Desa Kayu Arang, Kecamatan Kelapa, Kabupaten Bangka Barat sejak beberapa tahun kebelakang benar-benar berupaya untuk mematenkan status

Dian Kurniawan
Kepala desa dan staf pemerintahan desa Kayu Arang Kecamatan Kelapa Kabupaten Bangka Barat 

BANGKAPOS.COM , BANGKA -- Pemerintah Desa Kayu Arang, Kecamatan Kelapa, Kabupaten Bangka Barat sejak beberapa tahun kebelakang benar-benar berupaya untuk mematenkan status jati diri desa, mulai dari memperbaiki sektor pelayanan kepada masyarakat, menyediakan fasilitas penunjang untuk masyarakat, segala bentuk bantuan kepada para petani dan nelayan, hingga pengentasan Stunting dikalangan ibu hamil dan balita.

Kantor Pemerintahan Desa Kayu Arang Kecamatan Kelapa Kabupaten Bangka Barat
Kantor Pemerintahan Desa Kayu Arang Kecamatan Kelapa Kabupaten Bangka Barat (Dian Kurniawan)

Alatas yang merupakan kepala desa Kayu Arang generasi ketiga, paham akan bagaimana status desa bisa mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan desanya untuk dapat bersaing diantara desa-desa lainnya.

"Kebijakan untuk membangun desa sudah lama dilakukan dan mencapai momentumnya dengan UU No 6 Tahun 2014 tentang Desa dan visi Presiden dalam Nawacita tekad membangun dari pinggiran dan desa. Alhamdulillah desa Kayu Arang pada tahun 2020 ini sudah tidak lagi berpredikat desa Stunting, dan lebih membanggakan lagi adalah desa Kayu Arang sudah menyandang desa berpredikat maju," ujarnya, Jumat (11/12/2020).

Budidaya Ikan Nila, Ikan Lele, Ikan Kerapu, Kepiting Soka, hingga Cabai Progres Ekonomi Masa Depan
Budidaya Ikan Nila, Ikan Lele, Ikan Kerapu, Kepiting Soka, hingga Cabai Progres Ekonomi Masa Depan (ist)

Untuk itulah dirinya pada setiap pertemuan di lingkungan desa, mengajak para staf, BPD, Karang Taruna, Kelompok Tani dan Nelayan, hingga tokoh-tokoh adat,masyarakat serta agama, agar benar-benar berkoordinasi dalam membangun desa Kayu Arang lewat sektor-sektor yang masuk akal untuk dikembangkan.

Diantaranya sektor Pertanian dan Perikanan lah yang dirasanya lebih masuk akal untuk serius digeluti hingga benar-benar melalui sektor tersebut nama desa Kayu Arang dapat kembali dikenal luas oleh masyarakat diluar desa.

Potensi budidaya cabai Jawa di desa Kayu Arang yang sangat potensial
Potensi budidaya cabai Jawa di desa Kayu Arang yang sangat potensial (Dian Kurniawan)

"Sejujurnya desa Kayu Arang ni sudah terkenal sejak lama, karena disini pada tahun 1986 oleh Menteri Perhubungan RI saat itu, Almarhum Roesmin Nurjadin diresmikan menjadi salah satu pelabuhan penyeberangan di pulau Bangka ini. Tapi itu nostalgia lama dan sekarang sudah tidak beroperasi lagi, namun saya sangat ingin desa ini kembali dikenal melalui sektor pertanian dan perikanannya yang betul-betul buah dari upaya bersama seluruh masyarakat,"tegasnya.

Budidaya ikan jenis Nila yang sudah menemui progres baik
Budidaya ikan jenis Nila yang sudah menemui progres baik (Dian Kurniawan)

Dirinya melihat potensi-potensi yang dimiliki desanya sangat cerah pada kedua sektor tersebut. Akan tetapi perlu digarap dengan baik dan serius, dari mulai menyaring ide-ide yang ada, hingga bersama-sama memulai dan menjalankannya.

Bersama kelompok nelayan sejauh ini sudah melakukan budidaya ikan jenis Kerapu, Lele, Nila, hingga budidaya Kepiting Soka.

Sementara itu dari sektor pertanian pihaknya akan mengucurkan segala bentuk bantuan untuk para petani mulai dari tahapan edukasi, peralatan, bibit cabai, perawatan, panen, hingga pemasarannya.

Padi Ladang salah satu komoditi pangan desa Kayu Arang
Padi Ladang salah satu komoditi pangan desa Kayu Arang (Dian Kurniawan)

"Sudah dibangun 6 petak Kerambah Jaring Apung bantuan dari dinas kelautan dan perikanan Kabupaten Bangka Barat, letaknya persis di eks pelabuhan. Dari sektor pertanian, Alhamdulillah sudah banyak yang bertanam cabai, biarpun untung ruginya tergantung harga pasaran, cukuplah untuk membantu memenuhi kebutuhan ekonomi mereka, saya pun sudah ikutan bertanam cabai, bahkan lewat pedasnya cabai ini ada warga yang bisa beli tunai unit sepeda motor kelas premium. Semoga walaupun perlahan, upaya kami ini membuahkan hasil, jadi banyak masyarakat yang tadinya masih melihat-lihat, akhirnya tergerak untuk ikut serta melakukan budidaya-budidaya ini," harapnya. (Advertorial/*)

Struktur Perangkat Desa Kayu Arang

Kepala desa : Alatas,ST
Sekretaris Desa : Deny Lestari
KAUR Tata Usaha &Umum : Abie Dzar Al-Gifarie, S.Pd
KAUR Keuangan : Lusi Riani, S.SI
KAUR Perencanaan : M. Yudi Saputra, S.Pd
KASI Pemerintahan : Doni Iswarahadi, S.K.M
KASI Kesejahteraan : Neti Sapitri, S.K.M
KASI Pelayanan : Emi
Kadus Kayu Arang : Adri
Kadus Rangkui : Sumarto
Kadus Pancur : Alik
Ketua BPD : Sunardi
Ketua Karang Taruna : Abie Dzar Al-Gifarie, S.Pd
Ketua PKK : Yulianti, A. Md
Babinkamtibmas : Rizki Rudini

"Mempercepat pembangunan desa melalui penguatan sektor pertanian, dan perikanan yang dibarengi dengan pemberdayaan kualitas SDM masyarakat adalah tujuan utama desa guna mempertahankan status desa Maju dan pertegas kelangsungan masa depan perekonomian masyarakat lewat kedua sektor tersebut" Alatas, ST (Kepala Desa)

Editor: nurhayati
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved